Senin 25 Sep 2023 16:40 WIB

BPK Terpilih Menjadi Ketua Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia

BPK akan menjadi tuan rumah INCOSAI pada 2028.

Red: Ahmad Fikri Noor
Pertemuan ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia (GB ASOSAI) di Busan, Korea Selatan.
Foto: BPK
Pertemuan ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia (GB ASOSAI) di Busan, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUSAN -- Pertemuan ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia atau Governing Board Asian Organization of Supreme Audit Institutions (GB ASOSAI) memutuskan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Lembaga Pemeriksa Sedunia atau International Conference  of Supreme Audit Institutions (INCOSAI) pada 2028. Pada tahun tersebut, menjadi periode kepemimpinan untuk regional Asia. Penunjukan tuan rumah tersebut sekaligus menandai Keketuaan BPK pada Organisasi Lembaga Pemeriksa sedunia atau International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) periode 2028-2031.

Dikutip dari siaran pers resmi, hasil pertemuan ke-59 GB ASOSAI tersebut akan disahkan pada ASOSAI Assembly ke-16 di India pada 2024. Keketuaan BPK pada organisasi lembaga pemeriksa sedunia tersebut merupakan yang pertama sejak INTOSAI didirikan pada 1953.

Baca Juga

INTOSAI merupakan organisasi lembaga pemeriksa negara-negara sedunia yang bersifat otonom, independen, dan non-politis yang bertujuan mendorong tata kelola sektor publik. Upaya itu dilakukan dengan memperkuat peranan lembaga pemeriksa untuk membantu meningkatkan kinerja pemerintah yang transparan, akuntabel, dan kredibel serta memberikan manfaat bagi publik di masing-masing negara.

Saat ini, INTOSAI memiliki 195 anggota penuh atau full member, lima anggota rekanan, dan dua anggota terafiliasi. BPK menjadi anggota penuh INTOSAI sejak 1968. Keketuaan 2022-2025 saat ini dipegang oleh regional Amerika melalui SAI Brasil kemudian pada 2025-2028 akan dipegang oleh regional Afrika yakni SAI Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement