Senin 25 Sep 2023 19:02 WIB

Nabi Nuh Senang Bersyukur, Begini Amalnya Setiap Hari 

Alquran pun secara eksplisit menyebutkan Nabi Nuh sering bersyukur pada Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang mengetahui tentang perjuangan dan kesabaran nabi Nuh menyeru kepada kaumnya agar bertauhid dan tak menyebutkan Allah dengan suatu apapun. Namun, di antara sifat mulia nabi Nuh yang tak sering diceritakan para dai adalah tentang sifat bersyukurnya kepada Allah. 

 

Baca Juga

Nabi Nuh sejatinya adalah nabi yang sangat sering bersyukur kepada Allah. Bahkan Alquran pun secara eksplisit menyebutkannya. 

 

ذُرِّيَّةَ مَنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۗ اِنَّهٗ كَانَ عَبْدًا شَكُوْرًا

 

Artinya: (Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh, sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur. (Alquran surat Al Isra ayat 3). 

 

Ada sebuah riwayat yang menyebut bahwa Nabi Nuh selalu memanjatkan syukur setiap pagi. Nabi Nuh membaca:

 

سُبْحَانَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَ حِيْنَ تُصْبِحُوْنَ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوَاتِ وَ الْأَرْضِ وَعَشِيًّا وَحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ

 

Subhanallahi hiyna tumsuna wa hiyna tusbihun walahul hamdu fissamawati wal Ardhi wa'asyiyan wahiyna tudzhiruun. 

 

عَنْ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّمَا سَمَّى اللّٰهُ تَعَالَى نُوْحًا عَبْدًا شَكُوْرًا لِأَنَّهُ كَانَ إِذَا أَمْسَى وَأَصْبَحَ قَالَ: سُبْحَانَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَ حِيْنَ تُصْبِحُوْنَ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوَاتِ وَ الْأَرْضِ وَعَشِيًّا وَحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ. (رواه ابن مردويه)

 

Artinya: Diriwayatkan Mu’aż bin Anas Al-Juhaniy bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, “Sesungguhnya Allah menamakan Nuh sebagai hamba yang sangat mensyukuri nikmat Allah karena apabila telah datang waktu sore dan pagi hari, dia berkata, Mahasuci Allah ketika kamu berada di waktu sore dan di waktu Subuh dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan bumi ketika berada di petang hari dan ketika kamu berada di waktu Zuhur.” (Riwayat Ibnu Mardawaih).

 

Lebih-lebih itu, tanda bahwa nabi Nuh sering bersyukur bahwa ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa nabi Nuh selalu memuji Allah setiap kali mengenakan baju dan makan. 

 

كَانَ نُوْحٌ إِذَا لَبِسَ ثَوْبًا أَوْ طَعِمَ طَعَامًا حَمِدَ اللّٰهَ تَعَالَى فَسُمِيَّ عَبْدًا شَكُوْرًا (رواه ابن جرير الطبري والبيهقي والحاكم عن سلمان الفرسي) 

 

Artinya: Apabila Nabi Nuh telah mengenakan baju dan menyantap makanan, dia memuji Allah swt. Maka dinamakanlah dia “hamba yang sangat mensyukuri nikmat Allah. (Riwayat Ibnu Jarir at Thabari, al-Baihaqi, dan al-Hakim dari Salman al-Farisi).

Peringatan Nabi Nuh...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement