Selasa 26 Sep 2023 05:30 WIB

Jadi Ketum PSI, Ini Bisnis Kaesang yang Masih Exist

Kaesang jadi satu dari tiga mahasiswa peraih penghargaan kewirausahaan di kampusnya.

Red: Fuji Pratiwi
Ketua Umum PSI yang baru Kaesang Pangarep memberikan pidato dalam Kopdarnas PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PSI yang baru Kaesang Pangarep memberikan pidato dalam Kopdarnas PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas), Senin (25/9/2023). Kaesang diangkat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha

Sebelum jadi politkus, suami dari Erina Gudono itu sudah lebih dulu tenar sebagai pengusaha dan investor. Bahkan saat lulus S1 dari Singapore University of Social Sciences (SUSS) pada Oktober 2019, Kaesang menjadi salah satu dari tiga mahasiswa yang mendapat penghargaan kewirausahaan dari kampusnya.

Baca Juga

Lalu, apa saja bisnis milik Kaesang yang masih bertahan?

1. GK Hebat

PT Harapan Bangsa Kita atau Hebat, merupakan holding company yang menaungi seluruh bisnis makanan dan minuman milik Kaesang seperti Sangpisang dan Ternakopi. Visi utama GK Hebat menjadikan UMKM sebagai unggulan dalam negeri serta turut memberikan pembinaan bahkan bantuan modal bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya. GK Hebat berdiri pada 2019 dimana Kaesang menjadi salah satu co-founder.

2. Mangkokku

Mangkokku adalah startup kuliner yang punya visi menyuguhkan hidangan dengan kualitas level chef buat semua orang dan membawanya ke level dunia. Mangkokku berdiri pada 2019 atas prakarsa Chef Arnold Poernomo, mantan praktisi bisnis kuliner Randy Julius Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep.

Pertengah tahun lalu, Mangkokku mengumumkan penutupan pendanaan Seri A senilai tujuh juta dolar AS (sekitar Rp 101 miliar). Pendanaan kali ini dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan EMTEK, dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Selain itu ada satu lagi...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement