Selasa 26 Sep 2023 07:00 WIB

Jokowi: Berita Baik Bukan yang Asal Viral

Berita yang asal viral justru memicu bertebarannya hoaks.

Red: Fuji Pratiwi
Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menekankan berita baik bukanlah berita yang asal viral atau sensasional melainkan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.

"Memang sekarang ini mestinya berita baik itu bukan berita yang asal viral, bukan asal sensasional karena itu justru memicu bertebarannya hoaks yang sampai saat ini masih ada," kata Jokowi dalam Pembukaan Kongres Ke-25 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan mendapat laporan dari Menteri Komunikasi dan Informatika terdapat 11.000 hoaks yang bertebaran di dunia digital.

Presiden menekankan insan pers harus memegang teguh Kode Etik Jurnalistik dan tidak terpancing dengan keinginan untuk memproduksi berita-berita yang asal viral semata. "Kode Etik Jurnalistik harus kita pegang teguh karena justru inilah nilai plus dari media dan pers, justru inilah kelebihan media dan pers dibandingkan dengan citizen journalism," kata dia.

"Sekali lagi jangan terpancing bersaing karena viral atau bersaing karena hoaks dan jangan terpancing karena yang penting viral, heboh dibaca, saya kira hal hal seperti itu yang harus kita hindari," ujar Jokowi menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement