Selasa 26 Sep 2023 14:09 WIB

Bukan David Beckham, Inilah Sosok yang Buat Messi Pindah ke Inter Miami

Messi tertarik gabung Inter Miami karena akan bekerja sama lagi dengan Martino.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pemain depan Inter Miami, Lionel Messi.
Foto: AP Photo/Mark J. Terrill
Pemain depan Inter Miami, Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos Philadelphia Union, Jim Curtin, mengeklaim bahwa daya tarik utama Lionel Messi ke Inter Miami adalah karena ia bekerja sama dengan Gerardo Martino, bukan karena pesona David Beckham. Pemenang Piala Dunia 2022 itu telah menyesuaikan diri dengan baik di Florida setelah kepindahannya pada musim panas, dengan mencetak 11 gol dalam 12 pertandingan pertamanya.

Perekrutan ini telah membuktikan sebuah langkah besar dari pemilik klub, Beckham dan Jorge Mas. Namun Curtin memuji Martino yang telah memastikan keberhasilannya.

Baca Juga

Bos Philly tidak diragukan lagi mengenai pengaruh pelatih asal Argentina tersebut, mulai dari meyakinkan Messi untuk menandatangani kontrak hingga membuatnya berkembang di atas lapangan. Seperti yang dikatakan oleh sang pelatih MLS, masuknya sang maestro Sergio Busquets dan pemain bertahan berpengalaman, Jordi Alba, juga merupakan faktor penting dalam kebangkitan Inter Miami.

"Terkadang orang lupa, dia adalah bagian pertama. Saya pikir Messi datang karena ada Tata, Busquets datang karena ada Tata dan juga Alba. Dia adalah langkah pertama dalam semua ini yang benar-benar mengubah klub, dia adalah pemimpin, pelatih yang luar biasa, orang yang luar biasa," ujar Curtin dilansir Mirror, Selasa (26/9/2023).

Mantan pelatih Barcelona, Martino, ditunjuk sebagai pengganti Phil Neville setelah awal musim MLS yang buruk. Ini membuat Inter Miami berada di posisi terbawah Wilayah Timur. Sejak saat itu, Martino telah memimpin transformasi dalam peruntungan tim, termasuk kemenangan di Piala Liga.

Bagi Curtin, pengaruh rekannya sesama pelatih di tim Inter Miami yang baru ini sangat nyata, dengan kerja kerasnya di lapangan latihan yang telah membuahkan hasil. Ia menjelaskan, ketika memikirkan Tata, ia dapat melihat bagaimana para pemainnya merespons dan bereaksi terhadapnya, hampir seperti seorang figur ayah yang memiliki pemikiran sepak bola yang luar biasa.

"Ketika Anda memikirkan timnya di Atlanta dan sekarang timnya di Miami, cara mereka dapat memanipulasi pertahanan, cara mereka berlari ke arah Anda selama 90 menit dan tanpa henti dengan gerakan menyerang mereka, itu adalah sesuatu yang cukup jelas bagi tim Tata," jelas Martino.

The Herons telah menghidupkan kembali peluang untuk lolos ke babak playoff MLS dengan penampilan yang kuat di paruh kedua musim ini. Dengan lima pertandingan tersisa di musim reguler, Inter Miami membuntuti New York City di slot kualifikasi terakhir dengan selisih lima poin.

Salah satu kekhawatiran utama bagi Martino adalah masih adanya tanda tanya mengenai kebugaran Messi yang telah absen dalam tiga dari empat pertandingan terakhir tim. Masalah cedera yang telah mengganggu sang penyerang veteran akhir-akhir ini dan dia ditarik keluar setelah hanya 37 menit melawan Toronto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement