Selasa 26 Sep 2023 16:29 WIB

Persendian Tubuh Butuh Sedekah, Apa Maksudnya?

Sedekah dengan persendian tubuh bisa membebaskan dari neraka.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Al-Quran dan Berdzikir COVID-19.
Foto: Thoudy Badai/Republika
Ilustrasi Al-Quran dan Berdzikir COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW mengungkap dalam sebuah hadits bahwa tubuh manusia terdiri dari 360 persendian. Ternyata ada makna di balik itu yang patut direnungi oleh manusia, sebagaimana penjelasan para ulama.

Dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

-  إنَّه خُلِقَ كُلُّ إنْسانٍ مِن بَنِي آدَمَ علَى سِتِّينَ وثَلاثِ مِائَةِ مَفْصِلٍ، فمَن كَبَّرَ اللَّهَ، وحَمِدَ اللَّهَ، وهَلَّلَ اللَّهَ، وسَبَّحَ اللَّهَ، واسْتَغْفَرَ اللَّهَ، وعَزَلَ حَجَرًا عن طَرِيقِ النَّاسِ، أوْ شَوْكَةً، أوْ عَظْمًا عن طَرِيقِ النَّاسِ، وأَمَرَ بِمَعروفٍ، أوْ نَهَى عن مُنْكَرٍ، عَدَدَ تِلكَ السِّتِّينَ والثَّلاثِ مِائَةِ السُّلامَى -فإنَّه يَمْشِي يَومَئذٍ وقدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنِ النَّارِ.

"Sungguh setiap manusia dari kaum Adam itu diciptakan dengan 360 sendi. Siapa yang bertakbir mengagungkan Allah, bertahmid memuji Allah, bertasbih menyucikan Allah, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, duri atau tulang dari jalan, menyerukan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, maka itu sebanding dengan jumlah 360 persendian. Dan sungguh dia berjalan di muka bumi dengan menjauhkan dirinya dari adzab api neraka." (HR. Muslim)