Selasa 26 Sep 2023 19:06 WIB

Ceramah KH Anang Rikza: Kesenangan Setan Melihat Orang Masuk Rumah tak Berdoa

Setan akan terus menggoda manusia sampai anak Adam tersesat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
KH Anang Rikza Masyhadi
Foto: Dok. Pribadi
KH Anang Rikza Masyhadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setan senang tinggal di rumah-rumah yang sepi dari bacaan-bacaan Alquran, zikir, dan doa. Bahkan setan akan kegirangan bila ada manusia yang masuk ke dalam rumah tapi tak membaca basmalah dan doa. Sebab mereka dapat memasuki rumah tersebut dengan leluasa dan tinggal di dalamnya.

Begitupun setan akan bergembira ketika ada manusia yang makan tetapi tak membaca basmalah dan doa. Setan merasa senang karena mereka bisa makan bersama dengan manusia. Sebagaimana hadits nabi Muhammad SAW:

Baca Juga

و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى الْعَنَزِيُّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ يَعْنِي أَبَا عَاصِمٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ و حَدَّثَنِيهِ إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بِمِثْلِ حَدِيثِ أَبِي عَاصِمٍ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ وَإِنْ لَمْ يَذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ عِنْدَ طَعَامِهِ وَإِنْ لَمْ يَذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ عِنْدَ دُخُولِهِ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna Al 'Anazi, telah menceritakan kepada kami Adl Dlahak yaitu Abu Ashim, dari Ibnu Juraij, telah mengabarkan kepadaku Abu Zubair dari Jabir bin 'Abdullah. Sesungguhnya dia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

"Jika seseorang menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata; 'Kalian (bangsa setan) tidak bisa menginap dan tidak bisa makan! ' Jika seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya, maka setan berkata; 'Kalian bisa masuk dan bisa menginap.' Jika seseorang tidak menyebut nama Allah sewaktu hendak makan, maka setan berkata; 'Kalian bisa menginap dan makan malam.' (HR Muslim nomor 3762).

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Tazakka, KH. Anang Rikza Masyhadi, dalam pengajian hadits yang disiarkan melalui kanal resmi YouTube Tazakka tv pada Ahad (24/09/2023) menjelaskan, hadits tersebut dipahami bahwa orang yang masuk ke rumah tidak membaca doa dan berzikir maka setan akan menyeru dan mengundang kawan-kawannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement