Selasa 26 Sep 2023 19:30 WIB

Produk Indonesia Raup Transaksi Rp 106,45 Miliar di China

Transaksi itu terdiri atas penjualan langsung Rp 1,69 miliar dan kontral dagang.

Red: Friska Yolandha
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan bahwa produk-produk asal Indonesia berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 106,45 miliar dalam pameran The 20th China-ASEAN EXPO (CAEXPO) di China.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan bahwa produk-produk asal Indonesia berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 106,45 miliar dalam pameran The 20th China-ASEAN EXPO (CAEXPO) di China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan bahwa produk-produk asal Indonesia berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 106,45 miliar dalam pameran The 20th China-ASEAN EXPO (CAEXPO) di China pada 16-19 September 2023. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan transaksi tersebut terdiri atas penjualan langsung sebesar Rp 1,69 miliar dan kontrak dagang mencapai Rp 104,77 miliar.

"Nilai transaksi ini membuktikan produk Indonesia mampu bersaing di tengah gempuran negara lain di pasar global. Selain itu, nilai transaksi berpotensi meningkat karena masih ada buyer yang akan menindaklanjuti beberapa transaksi pembelian di luar pameran," ujar Didi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Pada pameran ini, Indonesia menghadirkan dua paviliun, terdiri atas Paviliun Komoditas dan Paviliun Nasional. Selama pameran, makanan olahan menjadi produk primadona Indonesia dan menempati posisi pertama perolehan transaksi dengan nilai mencapai Rp 96,10 miliar atau 90,28 persen dari total transaksi.

Produk Indonesia lainnya yang berhasil menarik perhatian pembeli di antaranya barang konsumsi sebesar Rp 8,95 juta (8,41 persen), fesyen dan aksesori sebesar Rp 706,74 juta (0,66 persen), furnitur sebesar Rp 358,52 juta (0,34 persen), dan dekorasi rumah sebesar Rp 333,30 juta (0,31 persen).