Kunjungi Stasiun BKIPM, Komisi IV DPR RI Pantau Peningkatan Mutu Perikanan

Perikanan mempunyai kontribusi dalam ketahanan pangan.

Rabu , 27 Sep 2023, 15:02 WIB
Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stasiun  Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman, Rabu (27/9/2023). ilustrasi
Foto: Antara/Ampelsa
Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman, Rabu (27/9/2023). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stasiun  Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman, Rabu (27/9/2023). Rombongan anggota Komisi IV DPR RI dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan. 

Budhy mengatakan perikanan mempunyai kontribusi dalam ketahanan pangan, khususnya dalam penyedia sumber protein hewani bagi masyarakat. Mengingat manfaat ikan diperlukan untuk kecerdasan dan kesehatan, maka peningkatan konsumsi ikan akan berkontribusi positif dalam persiapan SDM unggul menuju Indonesia emas 2045.

"Untuk itu jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan adalah upaya pencegahan dan pengendalian yang harus mutlak untuk diperhatikan sejak pra produksi, hingga pendistribusian untuk menghasilkan perikanan yang bermutu dan aman bagi kesehatan manusia," kata Budhy. 

Budhy mengatakan untuk memberikan kepercayaan dan daya tarik kepada konsumen, selain harus aman dikonsumsi dan bermutu baik, produk perikanan UMKM juga perlu dikemas dengan label yang informatif. Oleh karena itu kehadiran Kementerian Kelautan dan Perikanan diperlukan dalam rangka memberikan pembinaan untuk pemenuhan teknis mendasar tentang penerapan cara pengolahan ikan yang baik. 

"Kunjungan ini dilaksanakan oleh Komisi IV DPR RI seperti fungsi pengawasan dan memastikan pelaksanaan Balai Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan Perikanan KKP dalam rangka mewujudkan jaminan mutu dan keamanan pangan bagi masyarakat dari produk hasil perikanan yang bebas dari bahan tambahan berbahaya," ucapnya. 

Apalagi, Budhy menambahkan KIPM baru saja bertransformasi pasca terbentuknya Badan Karantina Indonesia. Melalui kunjungan ini Komisi IV DPR RI ingin menggali informasi serta mendiskusikan hal-hal yang jadi permasalahan.

Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta, Edi Santoso, menyambut baik atas kunjungan Komisi IV DPR ke Stasiun KIPM Yogyakarta. Edi memaparkan terdapat enam laboratorium di Stasiun KPIM Yogyakarta yaitu Laboratorium Parasit dan Nekropsi, Laboratorium Bahan dan Media, Laboratorium Mikrobiologi HPI/HPIK, Laboratorium Mikrobiologi Mutu, Laboratorium Biologi Molekuler (Virus), dan Laboratorium Organoplastik dan Formalin. 

Edi juga mengungkapkan Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2022 mengalami penurunan drastis. Realisasi PBNP tahun 2021 mencapai Rp 249.567.973 (137,62 persen). Sedangkan realisasi PNBP tahun 2022 hanya Rp 156.615.000 (86,36 persen). Kemudian realisasi PNBP tahun 2023 hingga September Rp 70.080.000 (69,93 persen). 

"Semoga ekspor yang ada di Cilacap semakin meningkat, penangkapan yang ada di Cilacap untuk diolah UPI semakin meningkat untuk bisa diekspor," ucapnya.

Anggota Komisi IV DPR RI yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya I Made Urip (F-PDIP), Darori Wonodipuro (F-Gerindra), Slamet (F-PKS), Suhardi Duka (F-Partai Demokrat), Hermanto (F-PKS), Endang Setyawati Thohari (F-Gerindra), Teti Rohatiningsih (F-Golkar), Nur'aeni (F-Partai Demokrat). Turut hadir juga Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Plt Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BP2MKHP). 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches