Rabu 27 Sep 2023 17:34 WIB

ASDP Siap Dukung Arus Transportasi Jelang MotoGP Mandalika 2023

Reservasi daring dapat dilaksanakan sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

Red: Lida Puspaningtyas
Pembalap MotoGP Spanyol Marc Marquez dari Honda Repsol Racing Team beraksi selama sesi latihan bebas di Grand Prix Sepeda Motor Indonesia di sirkuit jalan Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia, 18 Maret 2022.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pembalap MotoGP Spanyol Marc Marquez dari Honda Repsol Racing Team beraksi selama sesi latihan bebas di Grand Prix Sepeda Motor Indonesia di sirkuit jalan Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia, 18 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung arus transportasi baik dari sisi mobilisasi kunjungan maupun pariwisata menjelang perhelatan MotoGP seri ke-16 di Sirkuit Mandalika, NTB pada 13-15 Oktober 2023.

"Mandalika memang bukan persis di pelabuhan kami tetapi kami enabler untuk mendukung kegiatan arus transportasi baik mobilisasi kunjungan dan juga wisatanya," kata Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Yusuf Hadi saat media gathering di Kantor Pusat ASDP, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga

Untuk mendukung arus transportasi, kata dia, ASDP telah memiliki rute langsung dari Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) menuju Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami memperlancarnya dari sisi aspek transportasi, jadi kami punya armada dan juga mitra kami itu ada rute yang langsung dari ketapang Banyuwangi, Jawa Timur langsung ke Lombok atau ke Lembar. Itu ada enam kapal yang setiap 6 jam kapal itu ada pemberangkatan, itu kalau yang mau langsung," ujar Hadi.

Namun, kata dia, jika nantinya penonton ingin singgah terlebih dahulu di Bali, ASDP juga telah mempunyai rute dari Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali ke Pelabuhan Lembar.

"Kalau mau masih mampir di Bali, kami juga ada rute dari sisi barat, yaitu dari Padang Bai ke Lembar. Dari sisi timur ada (Pelabuhan) Kayangan (Kabupaten Lombok Timur, NTB) ke (Pelabuhan) Poto Tano (Kabupaten Sumbawa Barat, NTB) atau Poto Tano ke Kayangan," kata Hadi.

"Bahkan, kalau mau touring dari Labuan Bajo (Kabupaten Manggarai Barat, NTT) mereka bisa Labuan Bajo ke (Pelabuhan) Sape (Kabupaten Bima, NTB) jalan darat terus ke Poto Tano-Kayangan, Kayangan itu dari Lombok sudah sampai Mandalika," lanjut dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, ASDP memiliki peran strategis baik memperlancar transportasi maupun mendukung sektor pariwisata.

"Kami juga memanjakan pengunjung nanti dengan integrasinya ticketing system. Kami terintegrasi , jadi beli tiket (kapal) ferry langsung dapat tiket masuk MotoGP Mandalika," ungkap dia.

Adapun, beberapa informasi dari ASDP dalam mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2023, di antaranya reservasi daring sejak 60 hari sebelum keberangkatan. Berikutnya, penonton dari Pulau Jawa dapat menggunakan akses Pelabuhan Ketapang dengan jarak tempuh 125 mil. ASDP menyediakan enam kapal yang beroperasi selama 24 jam dengan jam pemberangkatan kapal setiap 6 jam.

Sedangkan, penonton dari Pulau Bali dapat menyeberang melalui Pelabuhan Padangbai. ASDP menyediakan 24 kapal dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 01.30-13.30 WITA per 2 jam 30 menit dan pukul 13.30-01.30 WITA per 1 jam 30 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement