Kamis 28 Sep 2023 16:56 WIB

Viral Objek Putih Terlihat di Langit, Peneliti BRIN Sebut Asap Pesawat

Contrail sering terjadi saat udara di langit dingin di masa kemarau.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Jamaluddin
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Jamaluddin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Objek putih yang diduga meteor terlihat di langit dan terekam kamera video masyarakat di Kota Bandung langsung menjadi viral di media sosial. Peristiwa objek putih yang terlihat di langit diketahui pada Rabu (27/9/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

Seperti dilihat rekaman video tersebut, objek putih melintas di langit Kota Bandung. Masyarakat yang melihat objek putih itu langsung merekam peristiwa tersebut.

Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Jamaluddin mengungkapkan, objek putih yang melintas di langit merupakan contrail atau asap yang keluar dari pesawat jet. Objek putih itu terlihat di wilayah Jakarta, Bandung dan Cianjur.

"Jejak putih adalah contrail, jejak gas buang pesawat yang mengalami kondensasi di atmosfer yang dingin dan memantulkan cahaya matahari sore," ucap dia saat dikonfirmasi, Kamis (28/9/2023).

Dia menuturkan, objek tersebut terlihat di Jakarta, Kota Bandung dan Cianjur. Khusus di wilayah Jakarta pesawatnya sendiri dapat terlihat.

Thomas mengatakan, kondisi tersebut atau contrail sering terjadi saat udara di langit dingin di masa kemarau. "Di Jakarta, pesawatnya terlihat bentuknya. Itu sering terjadi saat udara atas dingin, seperti saat kemarau," kata dia.

Ia menambahkan, sering kali pesawat juga tidak terlihat. Kondisi tersebut terjadi saat cuaca dingin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement