Jumat 29 Sep 2023 05:50 WIB

Trik Unik Pochettino untuk Dongkrak Kepercayaan Diri Mudryk

Perekrutan Mudryk, yang diboyong Chelsea dari Shakhtar Donetsk, terus jadi sorotan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Winger Chelsea asal Ukraina, Mykhailo Mudryk.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Winger Chelsea asal Ukraina, Mykhailo Mudryk.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, agaknya memiliki seribu cara guna mendorong anak-anak asuhnya memenuhi potensi dan memaksimalkan kemampuan di atas lapangan. Salah satunya dengan bersaing secara langsung dengan salah satu penggawa Chelsea di tantangan mistar gawang atau crossbar challenge.

Secara sederhana, tantangan mistar gawang adalah adu akurasi tembakan. Peserta yang paling banyak melepaskan sepakan dan membenturkan bola ke mistar gawang menjadi pemenang dalam tantangan ini. Tembakan dilepaskan dari jarak tertentu, biasanya dari luar kotak penalti.

Baca Juga

Dalam beberapa sesi latihan terakhir Chelsea di pusat latihan the Blues di Cobham, Pochettino melakukan tantangan mistar gawang dengan winger asal Ukraina, Mikhailo Mudryk. Tantangan diharapkan bisa mendongkrak kepercayaan diri winger berusia 22 tahun tersebut.

Mudryk terus menunjukkan tren peningkatan kemampuan. Setelah terus menelan kekalahan, Mudryk akhirnya bisa mengimbangi Pochettino dalam tantangan tersebut di sesi latihan terakhir the Blues. Eks pelatih Southampton itu pun menyebut, Mudryk secara perlahan telah menemukan kepercayaan diri.

''Untuk pertama kalinya, kami seimbang dalam tantangan tersebut. Kini, dia mulai percaya diri dengan kemampuannya. Apabila tidak ada keseimbangan antara kepercayaan diri dan kualitas, maka akan sangat sulit untuk bisa tampil maksimal,'' ujar Pochettino seperti dilansir ESPN, Kamis (28/9/2023).

Tantangan itu, ujar Pochettino, dapat menjadi contoh mudah dalam usaha mempengaruhi psikologis pemain. Hal itu bisa menjadi pembeda besar dalam performa seorang pemain di atas lapangan, terutama soal kepercayaan diri dan sentuhan untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Perekrutan Mudryk, yang diboyong Chelsea dari Shakhtar Donetsk pada Januari tahun ini, memang terus menjadi sorotan. The Blues dinilai melakukan kesalahan saat menebus Mudryk dengan nilai transfer mencapai 88,5 juta poundsterling. Pasalnya, Mudryk tidak kunjung memberikan kontribusi positif buat the Blues.

Torehan dua assist menjadi persembahan terbaik pemain asal Ukraina termahal di sepanjang sejarah itu dalam 22 penampilan semua ajang sejak resmi berseragam Chelse, termasuk lima pertandingan pada musim ini. Mudryk bahkan belum mencetak satu gol pun buat klub asal London Barat tersebut.

Padahal, saat memperkuat Donetsk pada paruh pertama musim 2022/2023, Mudryk mencetak 10 gol dari 18 penampilan di semua ajang. Catatan penampilan itu yang membuat the Blues rela merogoh kocek dalam-dalam dan mengungguli Arsenal dalam usaha mendatangkan alumni tim junior Shakhtar Donetsk tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement