Jumat 29 Sep 2023 22:27 WIB

Michael Gambon Pernah Ngeprank Daniel Radcliffe di Lokasi Syuting Harry Potter

Pemeran Dumbledore di film Harry Potter, Michael Gambon, meninggal dunia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Michael Gambon saat berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore (kiri) di film Harry Potter. Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun.
Foto: Dok. Warner Bros
Michael Gambon saat berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore (kiri) di film Harry Potter. Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar Harry Potter pasti ingat dengan baik peran mendiang Michael Gambon sebagai Dumbledore dalam waralaba tersebut. Ditambah dengan satu lelucon jail yang dia lakukan kepada aktor pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe, muda.

Di lokasi syuting film Harry Potter ketiga, Gambon mengenal para pemeran muda. Namun, bersama mendiang Alan Rickman, dia tidak bisa menahan diri untuk tidak jahil pada Radcliffe. Radcliffe menceritakan kejahilan itu kepada lawan mainnya Rupert Grint dan Emma Watson.

Baca Juga

“Ada suatu waktu di mana, di ruangan ini (set lokasi wawancara), Michael Gambon dan Alan Rickman, dan saya pikir (sutradara Alfonso Cuaron) ikut serta merencanakannya, memanfaatkan kesempatan ini untuk mengerjai saya,” ucap Radcliffe.

Watson merespons cerita itu sebagai hal yang sangat sangat lucu. “(Lucu) bagi kamu,” kata Radcliffe menimpali.

Pada saat itu, para pemain sedang syuting adegan di mana para siswa tertidur di aula besar. “Itu sangat bagus, karena itu adalah sekumpulan kantong tidur dan (meminta) kami untuk meletakkan kantong tidur di sebelah gadis yang disukai,” kata dia. 

Sebuah klip kemudian ditampilkan dari pengambilan gambar, dengan Dumbledore (Gambon) dan Snape (Rickman) berbicara dari naskah saat anak-anak tidur. Kemudian terdengar suara kentut, dengan Rickman dan Radcliffe menahan tawa saat Gambon melanjutkan dialognya, dan semakin banyak suara yang terdengar.

“Kami baru saja menyelesaikan pengambilan gambar, dan butuh waktu lama untuk mendapatkannya,” kata Radcliffe kepada rekan-rekan aktornya dengan marah.

“Mereka memasukkan mesin kentut ke dalam kantong tidur saya, dan Michael Gambon sebenarnya menekannya saat pengambilan gambar, saya tahu itu,” kata dia lagi.

“Aula ini bergema,” kata Watson, dengan cuplikan dari lelucon tersebut, menunjukkan para pemeran muda duduk dan tertawa. Gambon dan Rickman, tertawa paling keras.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gambon meninggal dunia di sisi istri dan putranya, setelah menderita pneumonia. Kematiannya ini diumumkan pada Kamis (28/9/2023), dalam usia 82 tahun.

Lahir di Dublin, Gambon adalah salah satu anggota Teater Nasional Inggris, dan memenangkan tiga Olivier, empat BAFTA, dan dua SAG Awards dalam karirnya yang panjang. Gambon mengambil alih peran kepala sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore, pada seri ketiga dari waralaba tersebut, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban tahun 2004. Peran itu sebelumnya dimainkan oleh mendiang Richard Harris dalam dua film pertama, sebelum kematiannya pada 2002.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement