Sabtu 30 Sep 2023 13:41 WIB

Sektor Pariwisata Terpengaruh Perubahan Iklim

Wisatawan diharap punya tanggungjawab meminimalisir dampak perubahan iklim itu.

Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah wisatawan mengabadikan gambar Gunung Bromo dari Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa timur, Selasa (19/9/2023).
Foto: Antara/Irfan Sumanjaya
Sejumlah wisatawan mengabadikan gambar Gunung Bromo dari Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa timur, Selasa (19/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Impact Manager Jejakin (platform pengelolaan karbon), Fachri N Syahrullah, mengatakan, pariwisata sangat terpengaruh oleh perubahan iklim sehingga wisatawan diharapkan memiliki rasa tanggungjawab dalam meminimalisir dampak perubahan iklim tersebut.

"Sektor pariwisata sangat terpengaruh oleh perubahan Iklim," katanya dalam acara diskusi Program Ramah Iklim dan Aksi Hijau Dalam Rangka Hari Pariwisata Dunia Tahun 2023 "Ekosistem Kepariwisataan dan Marine Safety" di Belitung, belum lama ini.

Baca Juga

Menurut dia, dampak perubahan iklim bagi pariwisata di antaranya adalah kondisi cuaca yang kacau, rusaknya lingkungan fisik, hilangnya daya tarik wisata, dan naiknya permukaan laut.

Rusaknya lingkungan fisik seperti banjir di destinasi wisata, tanah longsor, kebakaran hutan, hingga kekeringan. Kondisi cuaca yang kacau atau tidak menentu juga bisa mengacaukan perjalanan wisata.