Ahad 01 Oct 2023 16:39 WIB

Prananda Prabowo: Rakernas PDIP Perlihatkan Simbol Keberpihakan

Kehadiran ribuan petani dan pameran pangan wujud komitmen Partai

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Putra kedua Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, M. Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rakernas IV PDIP berjalan dengan baik. Soliditas pun terlihat nyata. Tiga Pilar Partai menunjukkan kekompakan menuju Pemilu 2023.
Foto: Dok PDIP
Putra kedua Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, M. Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rakernas IV PDIP berjalan dengan baik. Soliditas pun terlihat nyata. Tiga Pilar Partai menunjukkan kekompakan menuju Pemilu 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra kedua Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, M. Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rakernas IV PDIP berjalan dengan baik. Soliditas pun terlihat nyata. Tiga Pilar Partai menunjukkan kekompakan menuju Pemilu 2023.

Tema Rakernas IV 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' wujud kepedulian PDIP terhadap persoalan di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Prananda Prabowo di arena Rakernas, Jiexpo, Kemayoran, Ahad (1/10/2023).

Menurut Prananda, kehadiran ribuan petani dan pameran pangan wujud komitmen Partai. Karena persoalan pangan sangat penting. Sehingga di agenda besar, PDI Perjuangan selalu memilih tema yang spesifik. 

"Selama Rakernas IV, Ibu Ketua Umum dua kali berkunjung ke pameran pangan. Hari pertama bersama Pak Jokowi dan capres Ganjar Pranowo. Hari kedua juga kembali meninjau dan berdialog dengan penjaga stand di arena pameran pangan," kata Prananda yang dalam dua momen tersebut selalu ikut mendampingi Megawati.

Ditambahkannya, momen penyerahan bibit padi oleh petani kepada Megawati, Presiden Jokowi dan capres Ganjar di pembukaan Rakernas, adalah bentuk simbolisasi keberpihakan.

"Pada simbol Pancasila sila kelima, padi melambangkan pangan dan sandang, yang merupakan syarat utama kemakmuran," sebut Prananda.

Dia menyebut pemilihan tema Rakernas PDIP bagi sebagian pihak terkesan tidak seksi dalam konteks politik terkini. Begitupun di Rakernas sebelumnya, yang membahas jalur rempah untuk menyadarkan Indonesia negara yang kaya dengan rempah-rempah dan juga dengan pangan bumbu-bumbuan.

Walau begitu, PDIP tetap setia di jalan ideologi dengan membahas dan berupaya menemukan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah riil yang dihadapi rakyat.

"Melalui agenda Rakernas ini, PDI Perjuangan juga menunjukkan soliditas Partai menghadapi Pemilu 2024. Berbagai arahan yang disampaikan Ibu Ketua Umum menjadi perhatian utama peserta termasuk soal menjaga kedisiplinan, selalu menjaga spirit gotong royong serta bekerja dengan turun ke bawah, ke akar rumput. Termasuk menekankan persoalan pangan merupakan hal yang sangat penting," urai Prananda yang dengan menggunakan boogie car menyupiri Megawati meninggalkan arena Rakernas.

Prananda juga menyoroti kehadiran pelajar di arena pameran pangan. Menurutnya, momen itu bisa semakin menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan berdikari di kalangan muda.

"Diharapkan para pelajar itu, kaum Gen Z, mendapat inspirasi terhadap upaya menggelorakan kemajuan dan semangat berdikari, dan cinta tanah air," lanjutnya.

"PDI Perjuangan mengucap syukur pelaksanaan Rakernas IV berjalan dengan baik," pungkas Prananda yang akrab disapa Mas Nanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement