Senin 02 Oct 2023 20:38 WIB

Penelitian Sebut Melemahnya Arus Teluk Beri Dampak Signifikan Terhadap Iklim

Arus Teluk tercatat melemah dalam 40 tahun terakhir.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Arus Teluk yang melemah berdampak signifikan terhadap iklim.
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Arus Teluk yang melemah berdampak signifikan terhadap iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru mengonfirmasi bahwa Gulf Stream atau Arus Teluk sedang melemah. Pelemahan Arus Teluk ini dinilai dapat membawa dampak yang signifikan terhadap iklim bumi.

Arus Teluk merupakan arus laut kuat yang membawa air hangat dari Teluk Meksiko ke Samudra Atlantik. Aliran ini terus memanjang hingga ke pantai timur Amerika Serikat dan Kanada, seperti dilansir SciJinks pada Senin (2/10/2023).

Baca Juga

Melalui sebuah studi, tim peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution dan University of Miami menemukan bahwa transportasi Arus Teluk mengalami penurunan sekitar empat persen dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Ini merupakan studi pertama yang berhasil memberikan bukti observasi konklusif dan tidak ambigu mengenai pelemahan Arus Teluk.

Studi yang dipublikasikan dalam Geophysical Research Letters ini dilakukan dengan menganalisis data yang dihimpun dalam waktu 40 tahun dari Florida Straits. Data ini memuat beragam informasi, termasuk volume air laut yang ditransportasikan melalui wilayah tersebut.