Selasa 03 Oct 2023 18:35 WIB

Ini 5 Kemudahan Pakai Laptop Berteknologi AI

Seri laptop GeForce RTX 40 yang didukung teknologi kecerdasan artifisial (AI).

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengenalan Teknologi Terbaru Nvidia Geforce RTX 40 Series.
Foto: Dok.Republika
Pengenalan Teknologi Terbaru Nvidia Geforce RTX 40 Series.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nvidia memperkenalkan seri laptop GeForce RTX 40 yang didukung teknologi kecerdasan artifisial (AI) terdepan. Laptop ini mampu menopang akselerasi pengembangan Sains, Teknologi, Engineering/Keteknikan, dan Matematika (STEM).

Laptop AI Nvidia merupakan terobosan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para pegiat komunitas teknologi, profesional kreatif, hingga pelajar dan mahasiswa. Dan STEM menjadi ujung tombak terciptanya inovasi dan penemuan baru.

Baca Juga

“Kalau misalnya bicara dunia pendidikan, kebutuhannya pasti tidak jauh dari eksperimen,” papar Nvidia DLI Instructor, Gregorius Natanael Elwirehardja, dalam konferensi pers di Jakarta belum lama ini. 

Misalnya di bidang sains, dalam proteomics yang mempelajari mengenai protein dalam tubuh seperti interaksi obat-obatan atau molekul dalam tubuh. Tentu ketika membuat obat-obatan perlu dilakukan eksperimen yang teliti, teknologi dalam laptop AI akan sangat membantu.

Kemudian medical images yang sedang hot dibahas di negara-negara ASEAN seperti CT Scan, yang nantinya dengan AI akan membantu mendapatkan hasil lebih akurat. Dan Genomics mempelajari mengenai gen atau DNA dalam tubuh manusia, laptop AI bisa membantu simulasi.

Dengan laptop AI, bukan hanya sains, pelajar akan mampu berhadapan dengan aplikasi teknologi, keteknikan, dan matematika yang kompleks. Seri laptop GeForce RTX 40 dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi tersebut, dengan menawarkan kecepatan hingga 22 kali lebih tinggi dibandingkan laptop pada umumnya. 

Teknologi maju ini muncul di tengah semakin pentingnya literasi AI untuk dimiliki para pelajar, sebagai bekal peningkatan daya saing mereka di masa depan. Beberapa keunggulan laptop AI Nvidia dalam menopang pengembangan STEM, seperti:

 

• Simulasi Kian Cepat

Di lingkup sains dan keteknikan, simulasi memainkan peran yang sangat vital dalam memahami sebuah fenomena kompleks. Seri laptop GeForce RTX 40 memungkinkan para periset dan pelajar melakukan simulasi kompleks dengan cepat dan akurat, sehingga mampu mempercepat proses penciptaan penemuan-penemuan baru.

 

• Pemrosesan Data Berkecepatan Tinggi

Mengelola data dalam jumlah masif menjadi lebih mudah berkat dukungan AI. Seri laptop ini dapat dengan cepat melakukan analisa dan pemrosesan data, memungkinkan penelitan yang lebih dalam dan mendapatkan hasil yang akurat.

 

• Mendukung Pembelajaran Berbasis AI

Penyematan teknologi AI pada seri laptop GeForce RTX 40 mendukung proses pembelajaran berbasis AI pada bidang STEM. Keunggulan ini dapat membantu pelajar memahami suatu konsep yang rumit sekaligus meningkatkan literasi AI mereka yang sangat berguna di era data-driven saat ini.

 

• Rendering dan Visualisasi Kian Realistis

Di lingkup industri keteknikan, rancang bangun dan desain, kemampuan laptop untuk perenderan model 3D dan menciptakan visual yang realistis menjadi sangat penting. Kemampuan GPU yang dibenamkan pada seri laptop GeForce RTX 40 memfasilitasi proses renderisasi dengan cepat, sehingga mampu mendukung pekerja kreatif dan pelajar menghasilkan visual yang menakjubkan.

 

• Efisiensi dan Portabilitas yang Kian Meningkat

Seri laptop ini menghadirkan desain yang ramping nan digdaya, serta baterai dengan daya tahan yang lebih Panjang. Operasi laptop yang hening menunjang kenyamanan yang lebih bagi pengguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement