Kamis 05 Oct 2023 05:09 WIB

Jangan Salah Pilih Sayur, Bisa Picu Kenaikan Berat Badan

Menyantap jenis sayuran tertentu terus-menerus bisa membuat berat badan bertambah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sayuran memang sehat, namun para pakar dalam sebuah studi menyarankan untuk memilih jenis sayuran yang beragam.  (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Sayuran memang sehat, namun para pakar dalam sebuah studi menyarankan untuk memilih jenis sayuran yang beragam. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayuran memang sehat, namun para pakar dalam sebuah studi menyarankan untuk memilih jenis sayuran yang beragam. Pasalnya, menyantap jenis sayuran tertentu terus-menerus bisa membuat berat badan bertambah, khususnya bagi orang di usia paruh baya.

Dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (5/10/2023), studi digagas para peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health. Mereka mengamati pola makan 136.432 pria dan perempuan yang berusia 65 tahun atau lebih muda antara tahun 1986-2014, dengan periode rata-rata 24 tahun.

Baca Juga

Terungkap bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak kacang polong, jagung manis, dan kentang cenderung mengalami kenaikan berat badan. Hasil itu jika dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi sayuran nontepung seperti brokoli, wortel, dan bayam.

Beralih ke makanan berserat tinggi (seperti biji-bijian dan buah-buahan termasuk apel dan pir) juga terungkap dapat mengurangi dampak penyebaran penyakit pada usia paruh baya. Peserta studi menyelesaikan kuesioner yang menanyakan tentang sejumlah hal.