Kamis 05 Oct 2023 13:01 WIB

Pemukim Israel Makin Gencar Menggusur Penduduk Palestina

Warga Israel seringkali membangun pemukiman liar di dekat desa-desa Palestina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
 Pemandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat Eli, Selasa, 14 Februari 2023. ilustrasi
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
Pemandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat Eli, Selasa, 14 Februari 2023. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Sebanyak 54 warga Palestina di dusun Al-Baqa di wilayah pendudukan Tepi Barat merobohkan sebagian besar gubuk mereka. Warga Palestina itu pergi bersama hewan-hewan ternak mereka secara massal setelah sekelompok penggembala Israel mendirikan lahan pertanian beberapa puluh meter dari dusun itu pada Juni. 

Pihak Palestina mengatakan, para penggembala Israel, yang sering membawa senjata, mencoba mengintimidasi mereka dengan berkeliaran di sekitar dusun dan terkadang melewati rumah mereka pada malam hari. Kini di lereng gunung yang gersang dan menakutkan itu, hanya orang-orang Israel yang tersisa.

Baca Juga

“Tugas mereka adalah memprovokasi kami. Mereka ingin mengosongkan area tersebut," kata Muhammad Mleihat (59 tahun) salah satu pemimpin desa, dilansir The New York Times, Selasa (3/10/2023).

Di wilayah terpencil Tepi Barat, komunitas penggembala Palestina meninggalkan rumah mereka dengan tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada saat yang sama, para pemukim Israel membangun pos-pos penggembalaan liar yang jumlahnya hampir mencapai rekor tertinggi.