Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Widi Ramandhanti Aisyah

Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Kesejahteraan Hidup

Pendidikan dan Literasi | Friday, 06 Oct 2023, 06:15 WIB
https://www.pexels.com/id-id/

Kesehatan mental merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kesejahteraan individu yang mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari. Kesejahteraan hidup merupakan di mana kondisi seseorang tersebut merasa bahagia, seimbang dan puas dengan kehidupannya secara menyeluruh. Kesehatan mental yang baik dapat membawa pengaruh yang baik pula untuh kesejahteraan hidup seseorang.

Pentingnya menjaga kesehatan mental ini terletak pada keseimbangan emosional, kemampuan dalam beradaptasi, dan kemampuan seseorang dalam mengahadapi tantangan hidup. Apabila seseorang memiliki kesehatan mental yang baik, maka seseorang tersebut cenderug memiliki tingkatan stres yang lebih rendah, memiliki hubungan sosial yang baik, dan mampu mengatasi tekanan hidupnya. Hal itu yang nantinya berkontribusi secara langsung dengan kesejahteraan hidup yang lebih tinggi.

Apabila seseorag memiliki kesehatan mental yang buruk hal tersebut berakibat pada kesejahteraan hidup. Gangguan-gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan lain-lain dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk menikmati hidup, bekerja, dan menjalin hubungan interpersonal yang sehat. Hal tersebut mengakibatkan penurunanan pada kualitas hidup seseorang.

Pentingnya masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental. Di mana mendukung satu sama lain, mencari bantuan profesional apabila perlu, dan menjalankan gaya hidup sehat merupakan suatu langkah yang penting untuk meningkatkan kesehatan mental. Dengan begitu, seseorang dapat mencapai kesejahteraan hidup yang optimal melalui kesehatan mental yang baik.

Secara keseluruhan, kesehatan mental memiliki peran yang penting untuk membentuk kesejahteraan hidup yang baik. memahami dan merawat kesehatan mental dengan baik merupakan tujuan untuk mencapai kehidupan yang bahagia, bermakna, dan seimbang secara menyeluruh.

Sesuai dengan tujuan SDG,s ke 3 yaitu kesehatan dan kesejahteraan dengan tujuan menjamin kehidupan sehat dan meningkatkan kesejahteraan bagi semua orang. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang mebutuhkan kesejahteraan tetapi kesehatan mental juga perlu. Apabila kita memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik maka kesejahteraan tersebut pasti akan didapatkan. Kesejahteraan hidup yang baik membuat seseorang menjadi lebih Bahagia dan mampu menjalankan kehidupan yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image