Jumat 06 Oct 2023 20:56 WIB

Menang 1-0 di Markas Arema FC, Borneo FC Naik ke Puncak Klasemen BRI Liga 1

Tambahan tiga poin membawa Borneo naik ke puncak klasemen sementara.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Borneo FC Samarinda Nur Hardianto (tengah) bersama rekan-rekannya dan ofisial berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (6/10/2023). Borneo FC Samarinda mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 1-0.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Pesepak bola Borneo FC Samarinda Nur Hardianto (tengah) bersama rekan-rekannya dan ofisial berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (6/10/2023). Borneo FC Samarinda mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo FC mencuri tiga poin dari Arema FC pada laga lanjutan pekan ke-15 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (6/10/2023) malam WIB. Tambahan tiga poin membawa Borneo naik ke puncak klasemen sementara menggeser Madura United dengan nilai 29 poin.

Kedua tim saling jual beli serangan sejak menit awal pertandingan. Peluang dimiliki Charles Lokolingoy, tapi umpannya ke kotak penalti Borneo tak terarah. Serangan balik, percobaan kejutan dilepaskan oleh Stefano Lilipaly dari luar kotak penalti. Namun itu masih meleset tipis di atas mistar gawang. 

Baca Juga

Permainan terbuka ditunjukkan oleh kedua tim. Bola lebih banyak bergerak di bagian tengah lapangan. Borneo memang menunjukkan permainan yang agresif tapi Arema mampu mengimbangi dan juga memberikan ancaman ke lini pertahanan Borneo. 

Peluang dimiliki Borneo di menit ke-26 saat Felipe dilanggar tak jauh dari kotak penalti Arema. Stefano Lilipaly mengeksekusi bola mati tersebut. Namun, tembakan langsung yang ia lepaskan masih membentur pagar hidup. 

Bola kedua berhasil dikuasi pemain Arema yang langsung melancarkan serangan balik. Namun Borneo dengan tenang berhasil menghentikan serangan balik cepat Arema yang dipimpin Gustavo Almeida. Bola berhasil diamankan Leo Lelis yang menarik bola ke belakang.

Peluang kembali dimiliki Borneo FC di menit ke-34. Berawal dari umpan terukur Terens kepada Adam Alis yang kemudian melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti,  namun gagal dimanfaatkan Ahmad Nur Hardianto. Bola kemudian disapu oleh pemain belakang Arema.

Ginanjar Wahyu mendaratkan tembakan tepat sasaran di menkt ke-39 dari luar kotak penalti. Tapi itu masih mengarah tepat kepada Nadeo. Itu menjadi percobaan bagus yang dilakukan Ginanjar ketika tidak ada kawan yang terbuka untuk menerima umpan. 

Percobaan pertama di babak kedua dilepaskan Stefano Lilipaly dari luar kotak penalti. Namun tembakannya terlalu terburu-buru, itu meleset tinggi di atas mistar gawang Arema FC. Bagaimana pun, itu menunjukkan Borneo tidak menurunkan intensitas mereka paruh kedua.

Peluang dimiliki Dedik di menit ke-63 saat bola liar mengarah kepadanya di kotak penalti. Namun tendangannya tidak mengarah ke gawang. Peluang yang sangat disayangkan untuk disia-siakan oleh pemain berusia 29 tahun itu.

Kedua tim masih kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya ke gawang lawan. Hingga menit ke-70, Adam Alis melepaskan dua tembakan tepat sasaran dari luar kotak penalti. Tapi percobaan itu masih dapat diblokir oleh kiper Julian Garcia Schwarzer.

Semenit kemudian, Borneo akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Ahmad Nur memaksimalkan bola kadua dari Charles saat mencoba memblokir tembakan Lilipaly. Ia dengan mudah menyambar bola ke gawang Arema untuk merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keuntungan Borneo FC. 

Lilipaly hampir menggandakan keunggulan Borneo di menit-menit akhir pertandingan. Namun tembakannya berhasil diblokir oleh kiper. Skor bertahan 1-0 untuk kemenangan Borneo FC setelah empat menit tambahan waktu. Kemenangan yang membawa Borneo naik ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement