Senin 09 Oct 2023 22:36 WIB

11 Adab yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Buang Air Kecil atau Besar 

Islam mengajarkan adab-adab dalam buang air besar dan kecil

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Toilet Pria (ilustrasi). Islam mengajarkan adab-adab dalam buang air besar dan kecil
Foto: Republika/Musiron
Toilet Pria (ilustrasi). Islam mengajarkan adab-adab dalam buang air besar dan kecil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW mengajarkan umatnya agar bertutur kata dan berperilaku sesuai dengan adab dan tuntunan dalam Islam. 

Termasuk ketika hendak membuang hajat, umat Islam dianjurkan untuk mengikuti cara Rasulullah SAW ketika buang hajat. 

Baca Juga

Berikut ini beberapa adab terkait dengan buang hajat  mengutip buku Nabi Muhammad sehari-hari karya Muhammad Ismail Al-Jawisy:  

1. Rasulullah SAW jikalau hendak buang hajat selalu membaca: 

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan jin laki-laki dan perempuan, serta dari kotoran dan perbuatan kotor setan yang terkutuk."

2. Dan jika keluar beliau membaca (menurut salah satu riwayat bacaan berikut:  غُفْرَانَكَ  ghufranak "Aku hanya mengharap ampunan-Mu."

3. Jika dalam perjalanan bersama para sahabat, kemudian beliau hendak buang hajat, maka ia akan memisahkan diri (dari kelompok sahabat) dan mencari tempat sehingga tidak terlihat, bahkan menjauh sampai sekitar dua mil. Kemudian, menutupinya dengan jerami atau daun pelepah kurma.

4. Adapun jika hendak membuang air kecil, Rasulullah SAW sebisa mungkin selalu mencari bagian tanah yang lunak dan lembut, jika keadaan tanah itu keras, diambilnya tongkat lalu tanah itu dipukul sampai berlubang kemudian melakukan hajatnya. 

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

5. Beliau buang air kecil sambil duduk dan tidak berdiri terkecuali karena darurat.

6. Sedang tata cara beliau dalam membersihkan dirinya selepas buang hajat yaitu menggunakan air atau terkadang batu, bahkan terkadang pula air dan batu bersamaan dengan menggunakan tangan kiri.

7. Dari tempat buang hajat, Rasulullah SAW keluar dengan kaki kanan setelah sebelumnya masuk melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu, sambil membaca doa.

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ قَالَ اُوْحِيَ اِلَيَّ وَلَمْ يُوْحَ اِلَيْهِ شَيْءٌ وَّمَنْ قَالَ سَاُنْزِلُ مِثْلَ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ ۗوَلَوْ تَرٰٓى اِذِ الظّٰلِمُوْنَ فِيْ غَمَرٰتِ الْمَوْتِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوْٓا اَيْدِيْهِمْۚ اَخْرِجُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ اَلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُوْنِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ اٰيٰتِهٖ تَسْتَكْبِرُوْنَ
Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, “Telah diwahyukan kepadaku,” padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata, “Aku akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah.” (Alangkah ngerinya) sekiranya engkau melihat pada waktu orang-orang zalim (berada) dalam kesakitan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), “Keluarkanlah nyawamu.” Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.

(QS. Al-An'am ayat 93)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement