Selasa 10 Oct 2023 05:17 WIB

Perubahan Teranyar Skuad Brasil Jelang Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemanggilan Augusto dan Couto ini menjadi perubahan teranyar dalam skuad Brasil.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Brasil saat melakukan selebrasi.
Foto: EPA
Para pemain timnas Brasil saat melakukan selebrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO -- Dua pemain telah dicoret dari skuad timnas Brasil guna melakoni dua laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Renan Lodi dan Vanderson dipastikan absen membela tim Selecao di dua laga tersebut karena tengah didera cedera.

Lodi dan Vanderson masuk dalam skuad Brasil yang diumumkan pelatih sementara Selecao, Fernando Diniz, akhir bulan lalu. Namun, dua pemain itu akhirnya urung menambah jumlah caps dengan kesempatan tampil di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 lantaran mengalami cedera.

Baca Juga

''Renan Lodi, bek kiri Olympique Marseille, dan bek kanan Vanderson, yang memperkuat AS Monaco, ditarik dari daftar pemain tim nasional. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil diskusi antara dokter tim nasional, Rodrigo Lamar, dengan perwakilan tim medis masing-masing klub,'' tulis pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), akhir pekan lalu.

Keputusan memulangkan Lodi dan Vanderson ke klub masing-masing itu kemudian diikuti dengan pengumumam pemain pengganti. Adalah Carlos Augusto, yang tengah membela Inter Milan, dan Yan Couto, yang memperkuat Girona, yang ditunjuk sebagai pemain pengganti oleh Diniz.

''Untuk menggantikan tempat yang ditinggalkan dua pemain tersebut, pelatih tim nasional, Fernando Diniz, telah memanggil Carlo Augusto dan Yan Couto,'' lanjut pernyataan resmi CBF tersebut.

Datang ke Stadion Giuseppe Meazza pada awal musim ini, Augusto berstatus sebagai pemain pinjaman dari Monza. Pemain berusia 24 tahun itu diplot sebagai pelapis Federico DiMarco dalam mengawal sisi kiri pertahanan I Nerazzurri.

Meski lebih sering turun sebagai pemain pengganti, Augusto tidak pernah absen di 10 partai di semua ajang pada awal musim ini dan telah menyumbang satu assist. Performa ini agaknya menarik minat Diniz untuk memanggil Augusto memperkuat timnas Brasil.

Tidak hanya itu, pemanggilan ini juga menutup peluang Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) untuk bisa memanggilnya memperkuat Gli Azzurri. Augusto, yang memegang paspor Italia, diketahui bisa membela Gli Azzurri lantaran memiliki kakek buyut yang berasal dari Italia.

Berbeda dari Augusto, Couto sebelumnya pernah memperkuat timnas Brasil U-17. Namun, ini merupakan pemanggilan pertama bek kanan berusia 21 tahun itu untuk mengenakan seragam timnas Brasil di level senior. Saat ini, Couto, yang masih terdaftar sebagai pemain Manchester City, tengah melakoni masa peminjaman di Girona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement