Rabu 11 Oct 2023 04:18 WIB

Edukasi Etnomedisin, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Sambangi Suku Baduy

Diskusi ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai tanaman obat tradisional.

Red: Gilang Akbar Prambadi
kegiatan pengabdian masyarakat kepada Suku Baduy di Desa Kanekes, Banten.
Foto: Dok. UI
kegiatan pengabdian masyarakat kepada Suku Baduy di Desa Kanekes, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Tim Pengabdian Fakultas Farmasi UI (FFUI) melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat kepada Suku Baduy di Desa Kanekes, Banten. Pengabdian dilakukan dengan memberikan edukasi etnomedisin tanaman obat keluarga Suku Baduy.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan melalui Hibah Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI.

Baca Juga

Dalam kegiatan tersebut, ibu-ibu setempat yang merupakan perwakilan dari Suku Baduy terlibat dalam diskusi yang dipandu oleh Prof. Dr. apt. Berna Elya, M.Si, seorang ahli bahan alam Universitas Indonesia. Diskusi ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai tanaman obat tradisional yang dimanfaatkan oleh Suku Badui untuk pengobatan keluarga mereka. Prof. Berna melalui bukunya menjelaskan tentang berbagai macam tanaman obat berikut manfaat dan cara penggunaan tanaman obat tersebut. 

Setelah diskusi dan pertemuan selesai, sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap Suku Baduy, tim pengabdian masyarakat memberikan bingkisan sehat kepada warga setempat. Bingkisan ini diharapkan dapat membantu pemenuhan gizi untuk hidup sehat dari Masyarakat Suku Baduy.