Kamis 12 Oct 2023 05:15 WIB

Lembaga Palestina di Indonesia Peringatkan Bencana Kemanusiaan di Jalur Gaza

Terjadinya bencana kemanusiaan di Gaza akibat tindakan dan serangan pendudukan Israel

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bencana kemanusiaan bisa terjadi di Jalur Gaza akibat pengepungan total Israel
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Bencana kemanusiaan bisa terjadi di Jalur Gaza akibat pengepungan total Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Israel terus meningkatkan serangan ke Jalur Gaza, dan menggempur gedung-gedung, jalan-jalan, sekolah-sekolah, masjid-masjid dan semua komponen hidup warga Palestina.

Direktur lembaga Palestina di Indonesia, Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP), DR. Ahed Abu Al-Atta memperingatkan terjadinya bencana kemanusiaan di Gaza akibat tindakan dan serangan pendudukan Israel yang terus menggempur Jalur Gaza dan tidak mengindahkan hak-hak sipil warga Palestina dalam peperangan.

Baca Juga

Menurut Ahed, saat ini negara Pendudukan Israel telah memutus pasokan air minum, memutus listrik dan bahan bakar, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya bencana kemanusiaan. Rumah sakit, fasilitas kesehatan dan fasilitas public lainnya berhenti beroperasi, dan dapat mengakibatkan kehidupan warga Palestina di Gaza berhenti total.

Serangan Israel juga menurut Ahed menargetkan Gedung-gedung lembaga kesehatan, hingga saat ini setidaknya ada 9 gedung Kesehatan, di antaranya Gedung Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Al-Rimal, Pusat Mata Internasional yang hancur, juga mengancurkan 15 mobil ambulance, hal ini membuat system Kesehatan dan tim medis di Gaza bekerja dalam kondisi kritis dan tidak aman.