Kamis 12 Oct 2023 07:09 WIB

Erdogan: Serangan Israel Terhadap Warga Sipil di Gaza Adalah Cerminan Teroris

Pasukan Israel telah melancarkan kampanye militer yang berkelanjutan di Jalur Gaza.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan tindakan Israel yang membom pemukiman dan membunuh warga sipil di Gaza adalah cerminan teroris
Foto: EPA-EFE/NECATI SAVAS
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan tindakan Israel yang membom pemukiman dan membunuh warga sipil di Gaza adalah cerminan teroris

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, serangan Israel yang tidak proporsional terhadap Gaza dapat menyebabkan Israel punya reputasi buruk di dunia internasional. Tindakan Israel yang membom pemukiman dan membunuh warga sipil adalah cerminan teroris.

“Membom permukiman sipil, membunuh warga sipil dengan sengaja, memblokir kendaraan (yang) membawa bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut, dan mencoba menampilkan semua ini sebagai keterampilan merupakan cerminan dari organisasi (teroris), bukan negara,” kata Erdogan, dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

“Israel tidak boleh lupa bahwa jika mereka bertindak seperti sebuah organisasi, bukan sebagai negara, pada akhirnya mereka akan terlihat seperti sebuah organisasi," ujar Erdogan.

Mengenai konflik Israel-Palestina yang meletus akhir pekan lalu, Erdogan mengatakan, Turki menganggap tindakan apa pun terhadap warga sipil atau serangan apa pun yang menargetkan pemukiman sipil tidak dibenarkan. Erdogan menambahkan, konflik yang dilakukan dengan menargetkan warga sipil dan fasilitas publik bukan perang tapi pembantaian.