Jumat 13 Oct 2023 04:00 WIB

Mengembalikan Pesona Teluk Kiluan Lampung

Pekon Kiluan Negeri memerlukan pendampingan dalam mengelola pengembangan desa wisata

Red: Teguh Firmansyah
Tim Dosen Unila melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pekon Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.
Foto: Istimewa
Tim Dosen Unila melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pekon Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Universitas Lampung menggelar kegiatan pengabdian dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat yang berlokasi di Pekon Kiluan Negeri, Tanggamus, Lampung.  

Program pengabdian ini terlaksana atas pendanaan hibah kompetitif dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek tahun 2023.

Baca Juga

Prof. Dr. Yulianto selaku ketua tim pengabdian mengungkapkan bahwa Pekon Kiluan Negeri memerlukan pendampingan dalam hal pengelolaan pengembangan desa wisata mengacu pendekatan Community Based Tourism/CBT.

Sebagaimana diketahui, sebagai salah satu desa yang terletak di wilayah pesisir Teluk Kiluan, pekon ini menyuguhkan beragam alternatif destinasi wisata bahari yang masih bersifat alami. Namun dampak pandemi Covid-19 masih juga dirasakan oleh masyarakat lokal dalam upaya menghidupkan kembali wisata alam yang ada di Teluk Kiluan.