Jumat 13 Oct 2023 07:19 WIB

Doa Mohon Perlindungan Bencana Berat dan Kesengsaraan 

Dianjurkan membaca doa untuk terhindar dari bencana.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap orang ingin dilindungi dari segala bencana yang berat dan kesengsaraan. Maka itu, Muslim dapat memohon perlindungan dari hal tersebut dengan doa yang berasal dari Nabi Muhammad ﷺ.

 Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Abu Hurairah radhiyallahu meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda (HR. Bukhari (6616) dan Muslim (2707)):

Baca Juga

 “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari (bencana yang sangat berat), daraku-sy syaqaa` (kesengsaraan dan segala faktor penyebabnya), suu`u-l qadhaa` (hal-hal yang tidak disukai), dan syamaatatu-l a`daa` (kebahagiaan musuh atas musibah yang menimpa diri).”

 Dalam riwayat lainnya (HR. Bukhari (6347)) disebutkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam biasa beristi`adzah dari jahdu-l balaa`, daraku-sy syaqaa`, suu`u-l qadhaa`, dan syamaatatu-l a`daa`.”

 Maka seseorang dapat memohon perlindungan dari empat hal di atas dengan membaca,

 

اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

 Allaahumma innii a`udzu biKa min jahdi-l balaa wa 

daraki-sy syaqaa wa suu-il qadhaa wa syamaatati-l 

a`daa`

 Artinya: Ya Allah! Aku berlindung kepadaMu dari bencana yang sangat berat, kesengsaraan dan segala faktor penyebabnya, hal-hal yang tidak disukai, serta kebahagiaan musuh atas musibah yang menimpa diriku.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement