Jumat 13 Oct 2023 18:25 WIB

Ilmuwan: Kita tidak Dapat Atasi Krisis Iklim tanpa Pohon

Perjanjian Iklim Paris tidak bisa dicapai tanpa konservasi dan restorasi alam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Lahan hutan yang telah terdegradasi, merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memerangi perubahan iklim.
Foto: www.pxhere.com
Lahan hutan yang telah terdegradasi, merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memerangi perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan Bill Gates baru-baru ini yang mengatakan bahwa menanam pohon secara massal kurang efektif dalam memengaruhi perubahan iklim, dinilai hanya sebuah pengalihan isu. Pasalnya, ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kita tidak dapat mengatasi krisis iklim tanpa pohon.

Para ilmuwan, ahli konservasi, dan berbagai studi telah menegaskan bahwa Perjanjian Iklim Paris tidak bisa dicapai tanpa konservasi dan restorasi alam. Teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau Carbon Capture and Storage (CCS) akan menjadi bagian dari solusi dalam jangka panjang, namun dalam tahap awal itu belum terbukti, apalagi memastikan komitmen negara-negara on track dalam mencegah pemanasan global.

Baca Juga

Adapun solusi berbasis alam adalah teknologi alami yang hemat biaya yang tersedia bagi kita saat ini dan dapat memberikan sepertiga dari apa yang dibutuhkan untuk membatasi perubahan iklim. Pohon, dan lebih khusus lagi, hutan, adalah bagian penting dari hal tersebut, keduanya mengatur pola cuaca lokal dan mempengaruhi iklim global. Jadi, perlindungan hutan dunia yang masih ada dan restorasi hutan yang telah hilang, serta lahan hutan yang telah terdegradasi, merupakan hal yang sangat penting dalam upaya memerangi perubahan iklim.

Namun, deforestasi terus berlanjut dengan cepat, terutama di hutan hujan tropis, yang merupakan salah satu sistem penyimpanan karbon paling efektif di planet ini. Karenanya, untuk membatasi pemanasan global, deforestasi harus dihentikan. Dan para saintis telah mengungkap bahwa melindungi hutan yang masih ada tidaklah cukup; kita juga harus memulihkan hutan yang telah hilang.