Jumat 13 Oct 2023 17:44 WIB

Dinyatakan Fit untuk Tampil di GP Indonesia, Bezzecchi Kembali Lolos dari Lubang Jarum

Di sesi kedua latihan bebas kelas MotoGP, Bezzecchi tampil cukup meyakinkan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team saat tampil di Sirkuit Mandalika, GP Indonesia, Jumat (13/10/2023).
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pembalap Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team saat tampil di Sirkuit Mandalika, GP Indonesia, Jumat (13/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Mooney VR46, Marco Bezzecchi, bisa sedikit bernafas lega terkait kelanjutan kiprah di GP Indonesia, akhir pekan ini. Pembalap asal Italia itu dinyatakan sudah cukup bugar oleh tim medis MotoGP dan diperbolehkan untuk bisa tampil di sesi lanjutan seri ke-15 gelaran MotoGP musim ini tersebut.

Dengan begitu, Bezzecchi bisa menjaga peluang untuk terus terlibat secara langsung dalam perebutan gelar juara dunia kelas utama MotoGP musim ini. Pembalap asal Italia itu sempat diragukan tampil di GP Indonesia setelah terjatuh saat berlatih di kamp latihan milik Valentino Rossi di Tavulia, Italia, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Bezzecchi diketahui mengalami patah tulang selangka kanan. Pembalap berusia 24 tahun itu bahkan harus menjalani serangkaian operasi medis untuk mempercepat proses pemulihannya. Kendati masih dalam proses pemulihan, Bezzecchi memutuskan untuk tetap terbang ke Lombok guna tampil di Sirkuit Mandalika.

Bezzecchi, yang mendarat di Lombok pada Jumat (13/10/2023) pagi waktu setempat, mendapatkan lampu hijau dari tim medis MotoGP untuk bisa tampil di sesi pertama latihan bebas kelas MotoGP, Jumat (13/10/2023) siang WITA. Meski masih dalam proses pemulihan, Bezzecchi bisa bertahan dan tampil cukup apik di sesi pertama latihan bebas tersebut.

Bezzecchi mencatatkan 18 putaran Sirkuit Mandalika dan sempat menempati peringkat kelima. Namun, di pengujung sesi pertama latihan bebas tersebut, Bezzecchi sempat terjatuh. Anak didik legenda MotoGP, Valentino Rossi, itu terjatuh dalam kecepatan tinggi dan terseret ke arah gravel.

Beruntung, Bezzecchi tidak mengalami cedera tambahan akibat insiden tersebut dan telah melakoni tes medis kedua. Hasilnya, Bezzecchi tetap diperbolehkan untuk mengikuti tiga sesi yang tersisa di GP Indonesia, yaitu sesi kualifikasi, sesi sprint race, dan sesi balapan utama.

''Untungnya, setelah pemeriksaan medis kedua, saya dinyatakan fit. Balapan kali ini sepertinya akan berat, tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa terus mendekat ke dua posisi teratas klasemen sementara,'' kata Bezzecchi seperti dilansir akun media sosial resmi MotoGP, Jumat (13/10/2023).

Di sesi kedua latihan bebas kelas MotoGP, Jumat (13/10/2023) petang WITA, Bezzecchi tampil cukup meyakinkan. Bezzecchi menempati peringkat ketiga di hasil sesi kedua latihan bebas kelas MotoGP di GP Indonesia. Mampu mencatatkan 20 putaran, Bezzecchi hanya terpaut 0,17 detik dari pembalap tercepat di sesi kedua latihan bebas, Aleix Espargaro. Pembalap tim Aprilia Racing itu mencatatkan waktu 1 menit 30,474 detik.

Dengan modal ini, Bezzecchi kian percaya diri untuk bisa terus bersaing dalam perebutan gelar juara dunia kelas MotoGP. Bezzechi duduk di peringkat ketiga klasemen sementara pembalap dengan selisih 54 poin dari pemuncak klasemen sementara, Francesco Bagnaia. Pun dengan selisih 51 poin dari Jorge Martin, yang duduk di peringkat kedua.

Apabila mampu terus fit di tiga sesi terakhir dan mendulang poin di sesi sprint race dan sesi balapan utama, Bezzecchi berpeluang untuk memangkas jarak tersebut. Peluang ini akan semakin besar apabila Bagnaia ataupun Martin gagal memetik poin di GP Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement