Sabtu 14 Oct 2023 21:30 WIB

Berwisata Sambil Belajar Mengenal Tanaman di Taman Botani Baturraden

Taman Botani Baturraden mengoleksi sekitar 700 jenis tanaman.

Red: Fuji Pratiwi
Lokawisata Baturraden di Banyumas, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Lokawisata Baturraden di Banyumas, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia dikenal kaya dengan berbagai keanekaragaman hayati dan keindahan alam yang kini banyak dikembangkan menjadi destinasi wisata. Salah satu daerah yang dikembangkan menjadi tujuan wisata itu adalah  Kawasan Wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Nama Baturraden mungkin sudah banyak dikenal masyarakat khususnya para pelancong. Karena di kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Slamet sebelah selatan itu terdapat destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, yakni Lokawisata Baturraden.

Baca Juga

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan panorama alam tersebut sejak tahun 2021 dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lokawisata Baturraden. Selain Lokawisata Baturraden, BLUD UPT Lokawisata Baturraden juga mengelola Menara Pandang "Teratai" Purwokerto, Taman Mas Kemambang Purwokerto, dan yang terbaru adalah Taman Botani Baturraden yang diresmikan Bupati Banyumas Achmad Husein pada 24 Desember 2022.

Taman Botani sebenarnya sudah lama ada dan menjadi bagian dari Lokawisata Baturraden yang saat itu dikelola oleh UPT Lokawisata Baturraden, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas. Akan tetapi setelah dikelola BLUD UPT Lokawisata Baturraden, Taman Botani menjadi destinasi wisata yang terpisah dengan Lokawisata Baturraden yang sebelumnya menjalani revitalisasi berbekal dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).