Sabtu 14 Oct 2023 20:00 WIB

Literasi Asuransi untuk Pelajar Dorong Pengelolaan Keuangan Sejak Dini

Pelajar harus mendapatkan pendidikan keuangan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Erdy Nasrul
Industri asuransi. Ilustrasi
Foto: change.org
Industri asuransi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Dalam rangka menyambut Hari Asuransi yang jatuh setiap tanggal 18 Oktober, Allianz Indonesia secara konsisten berkontribusi memberikan edukasi dan literasi asuransi ke berbagai lapisan masyarakat. 

Untuk sebaran pelaksanaan inisiatif edukasi dan literasi yang lebih merata di berbagai wilayah, Allianz Indonesia juga berkesempatan untuk mengunjungi SMK Negeri 2 Bandung pada Kamis (12/10/2023)  dan mengajak para siswa bermain board game. Allianz Indonesia berkolaborasi dengan Solve Education! sebagai mitra pembelajaran, mengajak para siswa dari jenjang sekolah menengah atas untuk memahami konsep dasar pengelolaan keuangan dan aset pribadi secara bijak.

Baca Juga

Edukasi yang disampaikan termasuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan dalam pengeluaran, membuat perencanaan keuangan yang baik sejak dini, serta pentingnya menghindari hutang yang bersifat konsumtif dan berlebihan. Sesi ini diikuti oleh lebih dari 120 siswa SMK Negeri 2 Bandung.

“Pendidikan adalah salah satu pilar yang menjadi dasar pemilihan program-program yang kami jalankan dalam Corporate Social Responsibility, dimana pengelolaan keuangan adalah topik yang penting untuk dipahami sejak dini. Oleh karena itu, kami secara berkelanjutan memberikan edukasi melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah di berbagai kota, sebagai wujud tanggung jawab kami dalam mendukung peningkatan literasi keuangan dan asuransi," kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli, Jumat (13/10/2023).

Karena, pemahaman dan pengetahuan yang baik ini merupakan bekal bagi generasi muda agar dapat mengatur keuangan dengan cermat dan stabil di masa depan. Allianz Indonesia juga berkolaborasi dengan Solve Education! menjalankan Program Belajar Digital bertemakan Literasi Keuangan, yang melibatkan 250 siswa di dua SMA di Jakarta, yaitu SMAN 14 dan SMAN 61.

Melalui kolaborasi ini, Allianz Indonesia memberikan pendidikan keuangan dasar yang inovatif dan menyenangkan, dengan mengajak siswa menggunakan platform belajar digital berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Solve Education!, untuk memahami pengelolaan keuangan.

Program Belajar Digital ini berlangsung sejak bulan Agustus sampai Oktober 2023, dan akan dilengkapi juga dengan sesi belajar dan bermain Allianz SmartPlan Board Game sebagai pelengkap pembelajarannya.  

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَطَّعْنٰهُمُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اَسْبَاطًا اُمَمًاۗ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اِذِ اسْتَسْقٰىهُ قَوْمُهٗٓ اَنِ اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۚ فَانْۢبَجَسَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًاۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْۗ وَظَلَّلْنَا عَلَيْهِمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْهِمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰىۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ
Dan Kami membagi mereka menjadi dua belas suku yang masing-masing berjumlah besar, dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya, “Pukullah batu itu dengan tongkatmu!” Maka memancarlah dari (batu) itu dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing. Dan Kami naungi mereka dengan awan dan Kami turunkan kepada mereka mann dan salwa. (Kami berfirman), “Makanlah yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu.” Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi merekalah yang selalu menzalimi dirinya sendiri.

(QS. Al-A'raf ayat 160)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement