Senin 16 Oct 2023 11:22 WIB

Sebulan TC, Begini Hasil Lengkap 5 Partai Uji Coba Timnas Indonesia U-17 di Jerman

Masih banyak waktu untuk proses evaluasi sebelum timnas U-17 berlaga di Piala Dunia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia U-17 saat menjalani training camp (TC) di lapangan latihan Borussia Moenchengladbach, Jerman, belum lama ini.
Foto: Dok PSSI
Para pemain timnas Indonesia U-17 saat menjalani training camp (TC) di lapangan latihan Borussia Moenchengladbach, Jerman, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia U-17 terus mematangkan persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023. Jelas, skuad Garuda Muda tak ingin sekadar menjadi penggembira.

Iqbal Gwijangge dan rekan-rekan berupaya melaju sejauh mungkin. Apalagi turnamen ini berlangsung di rumah sendiri. Penggemar berada di belakang awak Merah Putih.

Baca Juga

Skuad polesan Bima Sakti sedang berada di Jerman. Tepatnya sejak pertengahan September 2023. Sudah sebulan berlalu.

Garuda Muda tidak hanya berlatih di sana. Para wonderkid ini juga melakukan sejumlah uji tanding. Dikutip dari laman PSSI, Senin (16/10/2023), timnas Indonesia U-17 sudah lima kali meladeni ketangguhan beberapa tim yunior dari klub setempat.

Pertama, pada 28 September 2023. Setelah berlatih sekitar 10 hari, anak asuh Coach Bima langsung turun gunung. Indonesia U-17 takluk 0-1 dari TSV Meerbusch U-17.

Sepekan berselang, tepatnya pada 02 Oktober 2023, para wonderkid tanah air kembali bertanding. Kali menghadapi SC Paderborn Youth U-17. Garuda Muda menang 1-0 atas tim tersebut di Natural Grass Pitch. Gol tunggal kemenangan awak merah putih dicetak Nabil Asyura di menit ketiga.

Lalu pada 5 Oktober 2023, Indonesia U-17 jumpa VFL Osnabruck U-19. Garuda Muda menang 2-1 di Sportplatz SW Osterfeine, Damme. Sebuah progres positif.

Berlanjut ke laga keempat. Indonesia U-17 jumpa Eintracht Frankfurt U-19. Anak asuh Bima Sakti takluk 0-3 dari Frankfurt U-19 di Natural Grass Field, Germany.

Teranyar, Indonesia U-17 bertemu FSV Mainz 05 U-19. Lagi-lagi Garuda kalah dengan skor 0-3. Kali ini laga berlangsung di Training Field Stadion am Bruchweg, Sabtu (14/10/2023).

"Alhamdulillah kita sudah menerapkan strategi dengan baik, namun hasil yang didapatkan kurang maksimal," kata bintang timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka.

Masih banyak waktu untuk proses evaluasi. Ini baru di level uji coba. Anak-anak muda tersebut siap terus bekerja keras meningkatkan semua aspek.

Baik itu di sisi teknis, pemahaman taktikal, fisik, juga mentalitas. Sampai pada waktunya, penggawa timnas U-17 bakal bertarung di gelanggang Piala Dunia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan, dua pekan sebelum ajang tersebut dimulai, anak asuh Coach Bima baru kembali ke tanah air.

Piala Dunia u-17 2023 berlangsung dari 10 November-2 Desember 2023. Ini pertama kalinya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah turnamen FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement