Senin 16 Oct 2023 16:12 WIB

Lebih Canggih dari Google Maps, Kenalan Dulu dengan Google Earth Pro

Google Earth Pro menyatukan data satelit yang luas ke dalam satu sistem.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google menjalankan salah satu alat pemetaan 3D paling mengesankan yang tersedia, yaitu Google Earth Pro.
Foto: dok Google.com
Google menjalankan salah satu alat pemetaan 3D paling mengesankan yang tersedia, yaitu Google Earth Pro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Google menjalankan salah satu alat pemetaan 3D paling mengesankan yang tersedia, yaitu Google Earth Pro. Google Earth Pro adalah perangkat lunak yang disediakan oleh Google yang menyatukan data satelit yang luas ke dalam satu sistem, tempat Anda dapat memvisualisasikan Bumi dan mempelajari berbagai aspek geografisnya. 

Google Earth Pro berevolusi dari perangkat lunak bernama Keyhole, yang diluncurkan pada akhir tahun 1990-an dan diakuisisi oleh Google pada pertengahan tahun 2000-an. Anggap saja Google Earth Pro seperti versi lanjutan Google Maps yang lebih fokus pada sains daripada petunjuk arah, terkadang disebut “geobrowser”. 

Baca Juga

Meskipun ini bukan Sistem Informasi Geografis (GIS) tingkat profesional, Google Earth Pro digunakan oleh pelajar dan ilmuwan di seluruh dunia namun cukup mendasar untuk dipahami oleh pengguna biasa. Selain gambar planet beresolusi tinggi, Google Earth Pro memungkinkan Anda mencari koordinat tertentu dan mengunduh file data geospasial dalam format Keyhole Markup Language (KML) untuk digunakan di masa mendatang. 

Dilansir Android Police, Senin (16/10/2023), untuk mendapatkan Google Earth Pro, Anda dapat mengunjungi versi berbasis web untuk menggunakannya di browser Anda, yang mengosongkan ruang di komputer Anda namun berfungsi paling baik dengan internet cepat.