Senin 16 Oct 2023 16:53 WIB

Polisi Pastikan Aktivitas Warga di Muntilan Sudah Kondusif Pasca-Bentrokan

Aktivitas warga di lokasi terjadinya insiden sudah kembali berjalan normal.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Tangkapan layar, aksi saling lempar batu di bentrokan yang terjadi di Muntilan, Ahad (15/0/2023).
Foto: Tangkapan layar
Tangkapan layar, aksi saling lempar batu di bentrokan yang terjadi di Muntilan, Ahad (15/0/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Aparat kepolisian memastikan situasi di Jalan Pemuda Muntilan, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah telah kembali kondusif, pasca insiden perselisihan antara massa GPK Militan dan PDI Perjuangan BSM Yogjakarta, Ahad (15/10/2023) malam.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyampaikan, situasi pascainsiden perselisihan antara massa GPK Militan dan PDI Perjuangan dari BSM Yogjakarta telah berhasil dikendalikan.

Baca Juga

Demikian pula, aktivitas warga masyarakat di lokasi terjadinya insiden ini juga sudah kembali berjalan normal. "Situasi di wilayah Muntilan telah kembali normal, arus lalu lintas dari arah Magelang menuju Yogjakarta maupun sebaliknya sudah lancar kembali," ungkapnya, Senin (16/10).

KBP Ruruh memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan dari personel Sat Brimobda Polda Jawa Tengah, Tim QRT, dan personel lainnya yang telah melakukan pengawalan perjalanan massa dari PDI Perjuangan BSM Jogjakarta menuju Yogyakarta.

Menyusul terjadinya insiden tersebut aparat kepolisian langsung menurunkan personel pengamanan gabungan, yang melibatkan Polresta Magelang bersama-sama dengan polres tetangga.

Seperti Polres Magelang Kota, Polres Purworejo dan bahkan juga personel Polres Temanggung. Proses pengamanan lokasi juga disupervisi oleh Karo Ops Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Basya Radyananda.

Sejumlah pejabat utama Polda Jawa Tengah juga hadir di lokasi pascainsiden tersebut. "Seperti Dansat Brimob Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Yoppie Indra Prasetya Sepang dan Dir Sabhara Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Risto Samudra," jelasnya.

Kegiatan pengamanan di lokasi kejadian juga dihadiri oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin; Dandim 0705 Magelang, Letkol Inf Jarot Susanto; Wakapolresta Magelang, AKBP Roman Smaradhana Elhaj serta Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Zaenal Abidin.

Sementara itu, Kasat Samapta Polresta Magelang, AKP Soedjarwanto menambahkan, para petugas Polri dari Polresta Magelang serta bantuan personel polres tetangga telah mampu  mengendalikan situasi.

Selama kegiatan pengamanan berjalan lancar dan saat ini, situasi di sekitar Tape Ketan Jalan Pemuda Muntilan telah terkendali. "Hingga saat ini, di Jalan Pemuda Muntilan sudah dapat dilalui oleh para pengguna jalan," jelasnya.

Ia pun mengapresiasi dukungan personel pengamanan dari satuan wilayah tetangga serta stakeholder terkait lainnya dalam memastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas pasca insiden di Muntilan ini.

“Sehingga kondisi situasi dan aktivitas msyarakat bisa kembali berjalan normal, meski sebelumny terjadi insiden," kata Soedjarwanto.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement