Selasa 17 Oct 2023 01:57 WIB

Pendaftaran Ditutup, Sleman Temple Run 2023 Diikuti 1.160 Peserta

Terdapat 32 peserta asing dari 22 negara.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Konferensi pers terkait penyelenggaraan Sleman Temple Run 2023, di Sheraton Mustika Yogyakarta.
Foto: Febrianto Adi Saputro
Konferensi pers terkait penyelenggaraan Sleman Temple Run 2023, di Sheraton Mustika Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pendaftaran Sleman Temple Run 2023 resmi ditutup. Jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1.160 peserta.

"Awal kita menargetkan 1.000 peserta, tapi sampai saat ini yang sudah teregistrasi secara online 1.160 peserta sehingga ini sudah melebih target sampai. Sampai saat ini juga kita sudah menutup pendaftaran untuk pesrta STL 2023 ini," kata Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Senin (16/11/2023).

Dari 1.160 peserta itu, terdapat 32 peserta asing dari 22 negara. Negara yang berpartisipasi dalam Sleman Temple Run 2023 kali ini berasal dari Jerman, Hungaria, Perancis, Kolombia, Philipina, Pakistan, Gambia, Malawi, Thailand, Algeria, Kamboja, Brunei, Yaman, Korea Selatan, Belarus, Tanzania, Timor Leste, Malaysia, Rusia, dan Vietnam.

"Banyaknya peninggalan candi ini jadi daya tarik tersendiri. Ini jarang dilakukan di berbagai negara," ujarnya. Danang juga mengecek langsung kesiapan rute yang akan dilalui oleh peserta Sleman Temple Run 2023 yang akan digelar pada 5 November 2023 mendatang.

Dikatakan, hal itu dilakukan sebagai komitmen Pemkab Sleman agar penyelenggaraan Sleman Temple Run 2023 berjalan lancar. "Ini untuk memberikan kepastian dan juga komitmen Pemkab Sleman untuk menyiapkan Sleman Temple Run 2023 agar nanti pelaksanaannya siap dan pasti akan jadi kenangan tersendiri buat semua peserta," katanya.

Ada beberapa kategori jarak yang dilombakan pada Sleman Temple Run 2023 kali ini, yaitu 5K, 15K, dan 30K. Lintasan yang akan dilalui peserta antara lain start dan finish di Candi Banyunibo, Candi Ijo, melewati kompleks Candi Ratu Boko, dan Tebing Breksi.

Danang mengatakan peserta Sleman Temple Run 2023 sudah melebihi dari target yang ditentukan. Panitia menargetkan 1.000 perserta. Namun sampai saat ini peserta yang sudah registrasi online mencapai 1.160 peserta.

Total hadiah yang disiapkan yakni Rp 74 juta untuk ketiga kategori jarak yang dilombakan. Tidak hanya berlari, peserta juga akan dihibur dengan tarian tradisional seperti Jathilan Macho Budoyo di Watu Balik.

Kemudian, Jathilan Bokoharjo di Candi Ijo, kesenian Srandul di Candi Ratu Boko, Jathilan Gejog Lesung di Candi Barong, dan lain-lain. Sleman Temple Run 2023 merupakan event ke-8 yang digelar Sleman sejak 2015.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اُولٰۤىِٕكَ يَنَالُهُمْ نَصِيْبُهُمْ مِّنَ الْكِتٰبِۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا يَتَوَفَّوْنَهُمْۙ قَالُوْٓا اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالُوْا ضَلُّوْا عَنَّا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ
Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya? Mereka itu akan memperoleh bagian yang telah ditentukan dalam Kitab sampai datang para utusan (malaikat) Kami kepada mereka untuk mencabut nyawanya. Mereka (para malaikat) berkata, “Manakah sembahan yang biasa kamu sembah selain Allah?” Mereka (orang musyrik) menjawab, “Semuanya telah lenyap dari kami.” Dan mereka memberikan kesaksian terhadap diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

(QS. Al-A'raf ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement