Selasa 17 Oct 2023 14:19 WIB

Jin dan J-Hope BTS Dapat Gelar Prajurit Elite Selama Wamil Gara-Gara 'Kehebatan' Ini

Jin dan J-Hope mampu memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar prajurit elite.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jin BTS (kiri) dan J-Hope BTS (kanan). Jin dan J-Hope mendapatkan gelar prajurit elite selama wamil.
Foto: Dok. BigHit
Jin BTS (kiri) dan J-Hope BTS (kanan). Jin dan J-Hope mendapatkan gelar prajurit elite selama wamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah ada tiga personel grup K-pop BTS yang sedang menjalani wajib militer (wamil) yakni Jin, J-Hope, dan Suga. Dari ketiganya, Jin dan J-Hope dikabarkan mendapat gelar khusus yaitu prajurit special class (elite).

Itu adalah gelar yang sangat dihormati, yang diberikan kepada seorang tentara karena kebugaran fisik dan ketahanan mental yang luar biasa. Proses evaluasinya dilakukan berdasarkan kompetensi tempur dan bisa sedikit berbeda di setiap unit. 

Baca Juga

Tidak sembarang orang bisa menjadi prajurit kelas khusus. Ada sejumlah syarat yang harus berhasil diselesaikan prajurit agar bisa mendapatkan gelar itu, yang dibagikan oleh blog Kementerian Pertahanan Korea berikut, dikutip dari laman Koreaboo, Selasa (17/10/2023):

1. Menembak

Sebagai tentara, kemampuan menembak tentunya menjadi hal yang sangat penting. Supaya bisa menjadi prajurit special class, seorang prajurit setidaknya harus mencapai tingkat pukulan 90 persen, atau 18 pukulan dari 20 putaran.

2. Kekuatan dasar

Kompetensi lain yang dinilai dari prajurit supaya bisa masuk kategori special class adalah kekuatan dasar. Dia harus bisa melakukan lebih dari 72 push up dalam dua menit, 86 sit up dalam dua menit, juga harus menyelesaikan lari sejauh tiga kilometer dalam 12 menit 30 detik.

 

Kekuatan tempur...lanjutkan membaca>> 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement