Selasa 17 Oct 2023 20:53 WIB

Anwar Ibrahim Hubungi Pemimpin Hamas Sampaikan Dukungan Tegas Malaysia untuk Palestina

Israel tak kunjung membiarkan konvoi bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim telah melakukan percakapan telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim telah melakukan percakapan telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim telah melakukan percakapan telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh. Pada kesempatan itu, Anwar menyampaikan dukungan tegas Malaysia terhadap Palestina.

“Saya melakukan percakapan telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh kemarin untuk menyatakan dukungan teguh Malaysia terhadap rakyat Palestina,” ungkap Anwar lewat akun X resminya, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Anwar menambahkan, mengingat situasi yang mengerikan di Jalur Gaza, dia sangat menganjurkan penghentian segera pemboman dan pembentukan koridor kemanusiaan di Rafah. “Penting juga bagi Israel untuk meninggalkan komitmen mereka terhadap politik perampasan, segera melakukan gencatan senjata dengan Hamas dan benar-benar mengupayakan resolusi damai untuk mengakhiri konflik yang sedang berlangsung,” ucapnya.

Dia menekankan, sangat penting memprioritaskan kesejahteraan dan keselamatan semua individu yang terkena dampak krisis akibat pertempuran Israel dengan Hamas. “Dalam semangat ini, kami berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan, khususnya dalam bentuk makanan dan obat-obatan untuk meringankan penderitaan mereka yang membutuhkan,” ujar Anwar.