Rabu 18 Oct 2023 08:55 WIB

Upaya BRI Layani Masyarakat Melalui BRI Peduli

Tanggung jawab sosial BRI dilaksanakan sesuai dengan arah bisnis strategis.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
 Direksi BRI Life hadir di lokasi gempa bersama Wakil Pimpinan BRI Wilayah Bandung Rudy Trilaksono dan Pimpinan Cabang BRI Cianjur Fajar Arief Wibowo, untuk menyerahkan sejumlah bantuan berupa obat-obatan, peralatan tidur, perlengkapan mandi, serta paket sembako bagi warga terdampak bencana. Pendistribusian bantuan dipusatkan melalui Posko BRI Peduli untuk kemudian disalurkan kepada warga sekitar.
Foto: Dok. BRI
Direksi BRI Life hadir di lokasi gempa bersama Wakil Pimpinan BRI Wilayah Bandung Rudy Trilaksono dan Pimpinan Cabang BRI Cianjur Fajar Arief Wibowo, untuk menyerahkan sejumlah bantuan berupa obat-obatan, peralatan tidur, perlengkapan mandi, serta paket sembako bagi warga terdampak bencana. Pendistribusian bantuan dipusatkan melalui Posko BRI Peduli untuk kemudian disalurkan kepada warga sekitar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial kemasyarakatan. Tanggung jawab sosial BRI terhadap pengembangan sosial dan kemasyarakatan, diwujudkan dalam bentuk program BRI Peduli.

"Tanggung jawab sosial ini merupakan komitmen BRI untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang diselaraskan dengan kegiatan operasional bisnis perusahaan," kata Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga

Dalam menjalankan program BRI Peduli, bank terbesar di Indonesia ini juga mengacu pada konsep 3P yakni People, Planet, dan Profit yang merupakan pilar utama dalam membangun bisnis berkelanjutan. Agustya menjelaskan, People dalam konsep ini dapat diartikan sebagai komitmen perusahaan untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Planet merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan keragaman hayati. Sedangkan Profit dapat diartikan sebagai kegiatan perusahaan untuk terus dapat meningkatkan keuntungan dari operasional bisnis perusahaan agar terus berkembang.

Dalam pelaksanaannya, BRI Peduli menjadikan Peraturan Pemerintah sebagai landasan dan ISO 26000 sebagai panduan pelaksanannya. Program BRI Peduli berorientasi pada empat pilar yaitu sosial, lingkungan, ekonomi, serta hukum dan tata kelola. Selain itu, Program BRI Peduli mengutamakan fokus pada bidang Pendidikan, Lingkungan, dan Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil.

Agustya juga menjelaskan beberapa obyek bantuan yang menjadi sasaran program BRI Peduli antara lain memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, sosial, lingkungan serta tata kelola bagi perusahaan, memberikan kontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya serta akuntabel.

BRI Peduli juga membina usaha mikro dan usaha kecil serta masyarakat sekitar perusahaan agar lebih tangguh dan mandiri. BRI Peduli juga memberikan akses kepada masyarakat yang bersifat sosial dan umum.

Pelaksanaan program tanggung jawab sosial BRI dilaksanakan sesuai dengan arah bisnis strategis perusahaan dan kepentingan stakeholders perusahaan. Sejumlah program BRI Peduli yang tengah berjalan diantaranya adalah sebagai berikut:

- Pendidikan: Ini Sekolahku (renovasi sekolah)dan Beasiswa Anak Berprestasi Desa BRILiaN

- Lingkungan: BRINita (Ekosistem Urban Farming), YOK Kita GAS (Waste Management Journey), Grow & Green (Memulihkan & Melestarikan Ekosistem : Mangrove, Reforestation, Coral).

- Pemberdayaan UMKM: Pengembangan Klaster Usaha, Pemberdayaan Kelompok Perempuan dan Program BRI Peduli Desa BRILIiaN.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement