Rabu 18 Oct 2023 13:26 WIB

Tanah yang Dijanjikan Itu untuk Siapa?

Yahudi Israel mengklaim Palestina adalah negeri yang dijanjikan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Tanah yang Dijanjikan Itu untuk Siapa? Foto:  Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. (ilustrasi)
Foto: EPA/Atef Safadi
Tanah yang Dijanjikan Itu untuk Siapa? Foto: Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Orang-orang Yahudi Israel mengklaim Palestina adalah negeri yang dijanjikan Tuhan untuk mereka. Itu sebabnya, Yahudi Israel melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya sekalipun dengan mengusir dan membunuh warga Palestina. Apa benar tanah Palestina itu untuk bangsa Yahudi Israel?

Sejarah Palestina bermula dari kehidupan nabi Ibrahim yang dilahirkan di Aur sebuah wilayah di Babilonia. Setelah diselamatkan oleh Allah dari kezaliman raja Namrud, nabi Ibrahim bersama kedua istrinya dan sepupunya yaitu nabi Luth pindah ke tanah yang diberkahi yakni tanah air Kan'an, Palestina tepatnya di Baitul Maqdis. Kepindahan nabi Ibrahim dan nabi Luth disebutkan dalam Alquran. 

Baca Juga

فَآمَنَ لَهُ لُوطٌ ۘ وَقَالَ إِنِّي مُهَاجِرٌ إِلَىٰ رَبِّي ۖ إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (٢٦) وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَجَعَلْنَا فِي ذُرِّيَّتِهِ النُّبُوَّةَ وَالْكِتَابَ وَآتَيْنَاهُ أَجْرَهُ فِي الدُّنْيَا ۖ وَإِنَّهُ فِي الْآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ (٢٨) 

Artinya: Maka Luth membenarkan (kenabian)nya. Dan berkatalah Ibrahim: "Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (26). Dan Kami anugrahkan kepda Ibrahim, Ishak dan Ya'qub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (27). (Al 'Ankabut ayat 26-27)