Rabu 18 Oct 2023 18:30 WIB

Aktor dan Musisi Luar Negeri yang Pensiun karena Masalah Kesehatan

Perjalanan para aktor dan musisi luar negeri tidak selalu mulus.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Bruce Willis. Willis menjadi salah satu aktor yang memutuskan pensiun dari dunia akting karena alasan kesehatan.
Foto: EPA
Bruce Willis. Willis menjadi salah satu aktor yang memutuskan pensiun dari dunia akting karena alasan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia hiburan kerap dipenuhi talenta-talenta yang memikat para penggemarnya. Namun terkadang perjalanan para selebritas tidak selalu mulus.

Hal itu termasuk ketika harus mengalami masalah kesehatan, bukan hanya fisik tetapi juga jiwa. Kabar pensiun dari aktor kawakan seperti Bruce Willis pada tahun lalu mungkin membuat sebagian penggemar bersedih.

Baca Juga

Aktor Die Heard itu berjuang dengan penyakit afasia yang membuatnya sulit berbicara karena ada cedera otak. Penyakit serupa juga diketahui perbah dialami aktris Emilia Clarke dan Sharon Stone. Berikut daftar artis luar negeri yang pensiun setelah divonis sakit:

1. Bruce Willis

photo
Aktor Bruce Willis. - (EPA/WARREN TODA)

 

Bruce Willis memberi pengumuman pensiun pada Maret 2022. Keluarga Willis menceritakan pada Februari 2023 bahwa penyakit bintang laga tersebut semakin parah, mengarah ke diagnosis resmi demensia frontotemporal, yang juga dikenal sebagai FTD. Ini adalah jenis degenerasi kognitif di bagian otak yang mengontrol perilaku dan komunikasi, serta keterampilan lainnya, dan tidak terlalu memengaruhi memori.

2. Michael J Fox 

photo
Michael J Fox. - (EPA)

 

Dalam buku No Time Like the Future, Michael J Fox menceritakan bahwa dia memasuki "pensiun kedua" dan siap untuk mengakhiri karier aktingnya pada 2020. Dikutip dari People saat itu, Fox mengatakan bahwa masalah kesehatannya ini hanya salah satu faktor dalam keputusannya untuk berhenti berakting. Dia mengalami masalah kognitif akibat penyakit Parkinson.

3. Tim Curry

photo
Tim Curry. - (Dok. Istimewa)

 

Tim Curry termasuk aktor populer pada era 1980 sampai 2000-an. Pada 2012, Curry menderita penyakit stroke yang menyebabkan dia harus memakai kursi roda. Pada awal tahun 2000-an, Curry berperan dalam film adaptasi Charlie's Angels sebagai Roger Corwin, dan dalam film parodi Scary Movie 2, sebagai Profesor Oldman. Peran film fitur terakhirnya di layar hingga saat ini adalah dalam film komedi hitam Inggris tahun 2010 Burke & Hare sebagai Alexander Monro.

4. Phil Collins

photo
Phil Collins. - (EPA)

 

Artis lain yang terpaksa pensiun karena sakit adalah Phil Collins. Musisi dan penabuh drum ini mengumumkan pensiun dari indsutri musik pada 2022. Sebelumnya, di beberapa konser bersama grup musiknya Genesis, Collins sudah duduk di kursi roda karena masalah kesehatan pada tulang.

5. Randy Travis

photo
Randy Travis - ()

 

Randy Travis adalah salah satu bintang country terbesar sepanjang masa. Dia pernah mengalami masalah kesehatan yang secara dramatis mengubah hidupnya.

Namun pada Agustus 2023, dikutip Fox News, Travis, yang terkenal dengan lagu-lagu hitnya seperti "Hard Rock Bottom of Your Heart", "Deeper Than the Holler", dan "Forever and Ever, Amin" diberi penghargaan dalam konser bertajuk "A Heroes and Friends Tribute to Randy Travis”. Randy, yang mengalami keterbatasan bicara setelah selamat dari stroke parah pada 2013 dan menyebabkan dia afasia, mengatakan bahwa banyaknya bintang country untuk menghormati kariernya, tentu sangat berarti baginya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement