Rabu 18 Oct 2023 23:27 WIB

Cacar Monyet Berisiko Sebabkan Kematian Penderita Hingga 10 persen

Ada beberapa kelompok yang rentan mengalami gejala serius akibat cacar monyet.

Red: Qommarria Rostanti
Pasien mengalami cacar monyet (monkey pox).
Foto: Republika
Pasien mengalami cacar monyet (monkey pox).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan cacar monyet (monkeypox) dapat menyebabkan risiko kematian pada penderita hingga 10 persen. Kepala Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis BRIN Harimat Hendarwan menyampaikan risiko kematian yang akan dihadapi oleh penderita yang terinfeksi yakni sebesar 0,1-10 persen.

"Karena kalau dari saya liat referensi itu 0,1-10 persen fatality rate (tingkat kematian)," ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan kelompok yang rentan mengalami gejala serius akibat penyakit tersebut yakni anak-anak, ibu hamil, serta orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Ia mengatakan masa inkubasi yang akan dilewati penderita sebelum mengalami gejala infeksi yakni selama 1-21 hari dengan gejala yang akan muncul, yaitu ruam pada kulit, demam, nyeri otot, nyeri menelan, serta pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Dia menyampaikan tidak ada perlakuan khusus dalam mengobati penyakit ini, metode pengobatan yang dilakukan berupa bantuan untuk memperkuat daya tahan tubuh serta meredakan nyeri akibat infeksi. "Kalau secara umum pengobatannya biasanya untuk pain-nya (nyeri) saja dan juga supporting (memperkuat) daya tahan tubuh," katanya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengonfirmasi kasus cacar monyet di DKI Jakarta yang dilaporkan pada 14 Oktober lalu. Penyebab penyakit tersebut, akibat infeksi virus anggota genus Orthopoxvirus, serta famili poxviridae.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement