Kamis 19 Oct 2023 05:58 WIB

Beda Mencolok Antara Islam dan Yahudi yang Diungkap Syekh Aidh Al-Qarni

Islam melarang menyembunyikan ilmu sebagaimana Bani Israel

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi mengajarkan ilmu lawan dari menyembunyikan ilmu. Islam melarang menyembunyikan ilmu sebagaimana Bani Israel
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Ilustrasi mengajarkan ilmu lawan dari menyembunyikan ilmu. Islam melarang menyembunyikan ilmu sebagaimana Bani Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kisah mengenai tabiat Bani Israel kerap dijabarkan dalam sejumlah literatur. Salah satunya adalah tabiat mereka yang pelit ilmu.  

Sedangkan umat Islam justru dianjurkan untuk menyebarkan ilmu yang dimiliki kepada khalayak luas. Bahkan ilmu yang bermanfaat dapat menjadi amal yang tak terputus pahalanya meski yang bersangkutan telah wafat, hal ini berbeda dengan yang biasa terjadi pada umat Bani Israel. 

Baca Juga

Islam memerintahkan umatnya untuk menyebarkan ilmu yang dia miliki, meskipun ilmu itu hanya sedikit. Rasulullah SAW bersabda: بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً “Ballighu anni walaw ayah." Yang artinya, “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat." Dalam hadits lainnya dijelaskan demikian:    

 نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مَقَالَتِي فَبَلَّغَهَا فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ غَيْرُ فَقِيهٍ وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ

Yang artinya, “Semoga Allah menyenangkan seseorang yang mendengarkan perkataanku lalu menyampaikannya. Berapa banyak orang yang membawa berita ilmu tetapi ia bukanlah orang yang berilmu, dan beberapa banyak orang yang membawa ilmu kepada orang yang lebih berilmu darinya.” 

Baca juga: Gaza Masih Memanas, Baca Doa Qunut Nazilah ini Agar Allah SWT Lindungi Palestina

Syekh Aidh Al-Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual menjelaskan bahwa menyembunyikan ilmu dan tidak menyebarkannya kepada orang lain adalah di antara ciri khas Bani Israel. Hal ini adalah kebiasaan kaum Bani Israel yang dimurkai Allah SWT. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 159: 

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي ال الْكِتَابِ ۙ أُولَٰئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ

Yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al-Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement