Kamis 19 Oct 2023 07:54 WIB

Resolusi PBB Serukan Perang Jeda Sejenak demi Pasokan Kemanusiaan Gaza, Diveto AS

AS menganggap resolusi tak memberi penekanan pada hak israel membela diri

Rep: Amri Amrullah / Red: Esthi Maharani
Amerika Serikat memveto resolusi PBB yang bertujuan membuat jeda perang Israel-Palestina demi menyalurkan bantuan kemanusiaan
Foto: AP Photo/Abed Khaled
Amerika Serikat memveto resolusi PBB yang bertujuan membuat jeda perang Israel-Palestina demi menyalurkan bantuan kemanusiaan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Amerika Serikat memveto resolusi PBB yang bertujuan membuat jeda perang Israel-Palestina demi menyalurkan bantuan kemanusiaan. Resolusi PBB yang juga mengutuk penyerangan Israel ini, dianggap AS tidak cukup memberi penekanan pada hak Israel untuk mempertahankan diri.

Amerika Serikat telah memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan mengutuk serangan Hamas terhadap Israel dan menyerukan jeda dalam pertempuran agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke Gaza.

Baca Juga

AS merupakan satu-satunya negara yang memberikan suara menentang resolusi tersebut pada hari Rabu (18/10/2023), dengan 12 anggota memberikan suara setuju dan Rusia serta Inggris abstain. 

"Kami berada di lapangan melakukan kerja keras diplomasi," ujar Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield kepada dewan setelah pemungutan suara. "Kami yakin kami harus membiarkan diplomasi itu berjalan."