Kamis 19 Oct 2023 19:22 WIB

Aismoli: Pakai Motor Listrik Bisa Bantu Pemerintah Kurangi Beban Subsidi BBM

Harga BBM di Indonesia juga kian tergantung pada pasar dunia.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pekerja mengecek bagian rangka motor listrik di PT Terang Dunia Internusa Plant II, Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja mengecek bagian rangka motor listrik di PT Terang Dunia Internusa Plant II, Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi menegaskan, penggunaan sepeda motor listrik dapat membantu mengurangi beban pemerintah dalam mengalokasikan subsidi bahan bakar minyak. Harga BBM di Indonesia juga kian tergantung pada pasar dunia lantaran hampir separuh kebutuhan didatangkan dari impor. 

“Kenapa motor listrik? Agar subsidi BBM yang cukup tinggi di Indonesia dengan harapan kalau yang digunakan motor listrik, pengguna BBM berkurang dan subsidi pasti bisa dikurangi,” kata Budi di Jakarta, Kamis (19/10/2023). 

Baca Juga

Budi mengatakan, pemerintah mendorong penggunaan motor listrik dengan mengalokasikan anggaran untuk pembelian subsidi motor listrik. Baik itu untuk pembelian unit baru maupun konversi motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit. 

Di sisi lain, ia kembali menegaskan, penggunaan kendaraan listrik umumnya akan membantu mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi. Hal itu juga tengah dilakukan oleh negara-negara di dunia sebagai bagian dari upaya transisi energi.