Jumat 20 Oct 2023 07:07 WIB

Israel Siap Luncurkan Operasi Pertempuran Darat ke Jalur Gaza

Menhan Israel sebut pertempuran darat akan tajam dan mematikan

Rep: Kamran Dikarma / Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Gambar yang disediakan oleh Maxar Technologies pada Rabu, 18 Oktober 2023 ini menunjukkan gambaran Rumah Sakit al-Ahli pasca ledakan di Kota Gaza.
Foto: Satellite image ©2023 Maxar Technologies via
Gambar yang disediakan oleh Maxar Technologies pada Rabu, 18 Oktober 2023 ini menunjukkan gambaran Rumah Sakit al-Ahli pasca ledakan di Kota Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengunjungi pasukan negaranya yang ditempatkan di dekat perbatasan Jalur Gaza, Kamis (19/10/2023). Pada kesempatan itu, dia mengisyaratkan akan meluncurkan operasi pertempuran darat ke Gaza.

“Anda sekarang melihat Gaza dari kejauhan. Anda akan segera melihatnya dari dalam. Perintah akan datang,” kata Gallant kepada para prajurit Israel. Selama ini Israel diketahui hanya melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza.

Baca Juga

Dalam pertemuan dengan pasukan Israel, Gallant pun mengingatkan mereka tentang akan sengitnya peperangan. “Pertempuran ini akan sangat luas, sulit, dan kita akan bertindak tepat, tajam, dan mematikan. Namun akan ada harga untuk itu, dan kita juga memiliki harga yang harus dibayar. Tapi kita akan terus melanjutkannya sampai kita menyelesaikan operasi ini sepenuhnya,” ucapnya.

Secara terpisah, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga menemui pasukan Israel yang ditempatkan di dekat perbatasan Jalur Gaza. Dia menyemangati para tentaranya. “Kita akan menang dengan kekuatan penuh,” ujar Netanyahu.