Sabtu 21 Oct 2023 05:08 WIB

Deretan Video Hoaks Mengenai Perang Hamas-Israel yang Beredar Luas di Medsos

Perang Israel-Hamas juga memicu aksi kekerasan berlatar SARA di sejumlah negara.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina berjalan melewati puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada Rabu, (11/10/2023)WIB.
Foto: AP Photo/Hassan Eslaiah
Warga Palestina berjalan melewati puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada Rabu, (11/10/2023)WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika perang Israel-Hamas berkecamuk, para regulator dan analis mengatakan gelombang disinformasi yang beredar luas di media sosial berisiko semakin mengobarkan semangat perang. Hoaks yang menyebar luas dapat meningkatkan konflik dalam kabut perang elektronik.

Ledakan di sebuah rumah sakit di Gaza yang menewaskan ratusan warga Palestina pada Selasa (17/10/2023) adalah fokus terbaru dari lonjakan aktivitas, ketika para pendukung kedua belah pihak dalam pertempuran antara Israel dan Hamas mencoba untuk memperkuat narasi masing-masing dan meragukan pihak lain.

Baca Juga

Unit pemeriksa fakta Reuters telah mengidentifikasi sejumlah kasus unggahan di media sosial yang menggunakan gambar dan informasi palsu tentang perang Israel-Hamas, dan kasus-kasus lain yang menimbulkan kebingungan.

Berikut adalah video hoaks yang beredar selama perang Israel-Hamas.