REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Booth Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan PLN berhasil menarik minat banyak pengunjung di Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2023. Selama empat hari pameran berlangsung sejak 12-15 Oktober produk kopi dari para UMKM ini berhasil mencatatkan penjualan mencapai Rp 26,3 juta serta potensi pembelian produk Kopi dari pemesanan potensial buyer sebesar Rp4,3 miliar.
Dalam acara ini, PLN menghadirkan tiga perwakilan UMKM mitra binaan, yaitu MJ Coffee perwakilan Rumah BUMN PLN Padangsidempuan, Kepahiyang Coffee dari Rumah BUMN PLN Kepahiyang, dan Virgil Coffee dari Rumah BUMN PLN Ende.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN sebagai BUMN mengedepankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menjalankan proses bisnisnya. Salah satunya melalui komitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM sebagai salah satu pilar penopang pertumbuhan ekonomi nasional.
"Dukungan PLN kepada UMKM di antaranya berupa pendampingan untuk memperluas pasar, peningkatan daya saing serta memfasilitasi berbagai pengetahuan, skill dan pengalaman baru dari para pelaku usaha," ujar Darmawan.