Ahad 22 Oct 2023 14:41 WIB

Fakta Agama dan Medis Ini Jadikan Acuan Tinggalkan McDonald Pendukung Zionis Israel

McDonald Israel memberikan bantuan untuk tentara Zionis Israel.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi gerai McDonald. McDonald Israel memberikan bantuan untuk tentara Zionis Israel
Foto: Dok web
Ilustrasi gerai McDonald. McDonald Israel memberikan bantuan untuk tentara Zionis Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan makanan cepat saji McDonald menjadi perbincangan di berbagai belahan dunia beberapa hari terakhir. Hal itu lantaran McDonald Israel secara terang-terangan mengumumkan bahwa mereka memberikan bantuan ribuan makanan gratis untuk militer Israel yang terus menerus melakukan invasi kepada rakyat Palestina terutama di Jalur Gaza. 

Banyak orang merespons negatif atas tindakan McDonald membagikan ribuan makanan gratis saat warga Palestina kekurangan air dan makanan akibat blokade yang dilakukan Zionis Israel. Terlepas dari itu, bagaimana makanan cepat saji dalam sudut pandang dunia medis dan khazanah Islam? 

Baca Juga

Dalam laman resmi Kementerian Kesehatan RI dijelaskan bahwa makanan cepat saji atau fast food juga dikenal masyarakat dengan istilah junk food. Secara harfiah, junk food diartikan sebagai makanan sampah atau makanan tidak bergizi. 

Istilah tersebut berarti menunjukkan makanan-makanan yang dianggap tidak memiliki nilai nutrisi bagi tubuh. Makan makanan junk food tidak hanya sia-sia, tetapi juga dapat merusak kesehatan. Gangguan kesehatan akibat makan makanan junk food seperti obesitas atau kegemukan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, kanker, dan lain sebagainya.