Ahad 22 Oct 2023 19:09 WIB

Negara-Negara yang Pernah Gunakan Bom Termobarik

AS pernah gunakan bom termobarik atau bom vakum dalam perang Vietnam dan Afganistan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menggunakan bom termobarik atau  thermobaric bombs.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menggunakan bom termobarik atau thermobaric bombs.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menggunakan bom termobarik atau thermobaric bombs. Senjata ini sangat kontroversial dan sebelumnya tidak digunakan terhadap warga sipil.

Dikutip dari financial express, bom termobarik juga dikenal sebagai bom vakum atau aerosol atau bahan peledak bahan bakar-udara. Sejarah amunisi termobarik ini dimulai pada Perang Dunia II yang pertama kali digunakan oleh tentara Jerman. Perkembangan luas baru terjadi pada 1960-an ketika Amerika Serikat (AS) terjun dalam Perang Vietnam.

Baca Juga

AS juga menggunakan bom termobarik di Afghanistan, pertama pada 2001 dalam upaya untuk melenyapkan pasukan Al Qaidah yang bersembunyi di pegunungan Tora Bora. Kemudian Washington kembali menggunakan pada 2017 melawan pasukan ISIS.

Selain itu, AS pernah menguji bom seberat 9.800 kilogram yang dijuluki “Induk Segala Bom” pada 2003. Empat tahun kemudian, Rusia memperkenalkan alat serupa yang dikenal sebagai “Bapak Segala Bom” yang dapat menghasilkan ledakan yang setara dengan bom konvensional seberat 44 ton dan menjadikannya sebagai alat peledak non-nuklir terbesar di dunia.